Jumat, 29 Maret 2024

Telkom Jelaskan Penyebab Jaringan Indihome Terganggu

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi. Foto: Indihome

PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk menjelaskan penyebab gangguan jaringan Indihome pada Jumat (17/7/2020) pagi.

Venusiana Papasi Direktur Consumer Service PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk mengatakan bahwa gangguan terjadi akibat terputusnya jaringan ke arah Batam. Pada saat yang bersamaan, perangkat yang seharusnya bisa mengalihkan rute jaringan secara otomatis, tiba-tiba tidak berfungsi.

“Atas nama PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk, kami mohon maaf hari ini terjadi gangguan yang terimbas pada pelanggan Indihome,” ujarnya kepada Radio Suara Surabaya, Jumat sore.

Telkom Indonesia mencatat kurang lebih 500 ribu pelanggan Indihome terdampak. Paling banyak di Jakarta dan Surabaya. Para pelanggan terdampak ini mengalami down time dengan lama waktu bervariasi, mulai 15 sampai 45 menit.

“Saat terjadi gangguan, langsung kami re-route (pindah rute). Seperti aliran listrik, proses pemulihan jaringan internet harus bertahap supaya tidak terjadi hit capacity.

Pihak Telkom Indonesia, kata Venus, akan me-review dan menganalisa kejadian yang baru pertama kali terjadi ini. Dia berharap kejadian ini tidak terjadi lagi, mengingat pada masa pandemi Covid-19 ini telah terjadi lonjakan pelanggan baru Indihome dan traffic internet secara drastis.

“Dengan kenaikan traffic dan pelanggan, kami menambah kapasitas dan memperbaiki jaringan dari titik rumah pelanggan sampai gateway (M to M), sehingga kami bisa mengantisipasi kejadian seperti hari ini insyaallah tidak terulang lagi,” kata Venus.

Sebelumnya, Jumat (17/7/2020) sekira pukul sembilan pagi, sejumlah pendengar dan pengakses Suara Surabaya hampir secara bersamaan menghubungi 03199000000, WA : 08553010055, FB e100, dan Twitter @e100ss dengan keluhan sama, internet down dan kecepatan internet turun.

Awalnya pengguna Indihome yang lebih banyak memberikan informasi bahwa jaringan internet di tempatnya terganggu seperti dikatakan Dendi Wibisono,

“Kok tiba-tiba sambungan internet di tempat saya ga bisa, saya pake Indihome?,”  tanya Dendi yang tinggal di Water Plasce Pakuwon Surabaya.

Sementara Gunawan Mohammad lewat WA mengatakan, Wayahe arek sekolah Nang omah, (jaringan internet putus,red).”

Netter bernama Didi mengaku sedang melakukan meeting virtual terganggu karena jaringan internet putus. “Tiba-tiba putus, meeting ambyar min..” kata dia.

Jaringan Indihome mulai normal menjelang pukul 11.00 WIB.(iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs