Kamis, 25 April 2024

Tingkatkan Disiplin Masyarakat, Satgas Covid-19 dan PEN Libatkan TNI AD

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Erick Thohir Menteri BUMN dan Jenderal TNI Andika Perkasa KSAD berdiskusi di Markas TNI AD, Jakarta, Jumat (7/8/2020). Foto; Istimewa

Erick Thohir Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN)
melibatkan Jenderal TNI Andika Perkasa Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) sebagai Wakil Ketua Pelaksana KPCPEN.

Menurut Erick, keterlibatan Jenderal Andika bisa berdampak pada peningkatan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Satu kunci dalam memerangi pandemi adalah menjaga kepatuhan, ketaatan, dan disiplin masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan selama pandemi. Sosialisasi tentang pentingnya menjaga protokol itu yang perlu kita tingkatkan. Sehingga, saya merasa perlu keterlibatan TNI Angkatan Darat,” ujar Erick Thohir di Markas TNI AD, Jakarta, Jumat (7/8/2020).

Melibatkan TNI AD yang punya struktur organisasi di seluruh pelosok negeri, kata Erick, merupakan upaya maksimal supaya masyarakat Indonesia yang tersebar di 83 ribu desa dan kelurahan mengerti bagaimana pentingnya menjaga keseinambungan antara pemulihan kesehatan dengan kebangkitan ekonomi.

“Melibatkan TNI AD tidak lain supaya tentara kita yang dekat dengan rakyat menjadi contoh sekaligus mengajak rakyat untuk disiplin dengan terus memakai masker, cuci tangan, dan menjaga jarak. Sambil menunggu kesiapan imunisasi Vaksin Covid-19 yang kami jadwalkan tahun depan,” jelas Menteri BUMN.

Lebih lanjut, Erick Thohir menghargai dan mendukung keinginan masyarakat kembali beraktivitas seperti bekerja, melakukan perjalanan, berolahraga, atau menjalankan kegiatan rutin lainnya di fase kebiasaan baru, setelah lima bulan menjalani masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Tapi, dengan masih tingginya penyebaran Covid-19, intensitas sosialisasi kepada masyarakat untuk menerapkan prinsip 3 M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) selama pandemi harus terus ditingkatkan.

“Fokus kami di Komite sudah jelas, Kesehatan Pulih, Ekonomi Bangkit. Terkait upaya pemulihan kesehatan, maka kami harus benar-benar turun ke bawah dengan semangat memudahkan dan melayani masyarakat serta saling bahu membahu memerangi pandemi ini sampai tuntas,” tegasnya.

Di tempat yang sama, Jenderal TNI Andika Perkasa menyatakan kesiapannya menjadi bagian dari KPCPEN yang punya misi mengatasi pandemi serta pemulihan ekonomi nasional dengan tepat.

“Kami siap memberikan dukungan dan bantuan atas misi bersama ini untuk memulihkan kesehatan masyarakat dan juga ekonomi nasional. Kami akan melibatkan struktur komando hingga lapisan terbawah yang dekat dengan masyarakat agar disiplin dan taat protokol kesehatan,” tegasnya.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs