Jumat, 19 April 2024

Token Gratis Untuk Pelanggan Subsidi Dari Pemerintah, Sudah Bisa Diakses

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Ilustrasi. Grafis suarasurabaya.net

Pelanggan PLN yang menggunakan token prabayar, saat ini sudah dapat mengakses bantuan token gratis dan token subsidi dari pemerintah.

Fenny Nurhayati Manager Komunikasi PLN Distribusi Jatim mengatakan, pelanggan yang mendapatkan bantuan bebas bayar (gratis) adalah yang menggunakan R1/450 VA. Sedangkan pelanggan R1/900 VA mendapatkan subsidi sebesar 50%.

Ia menjelaskan, pelanggan dapat mengirimkan pesan lewat Whatsapp 08122-123-123 atau mengakses website PLN.

“Untuk pelanggan prabayar bisa mengirimkan pesan di Whatsapp atau melalui website www.pln.co.id. Nanti masuk ke menu Pelanggan, lalu pilih Stimulus Covid-19. Masukkan ID Pelanggan atau Nomor Meter. Token tinggal ambil di layar yang sudah sesuai dengan ID Pelanggan,” jelas Fenny kepada Radio Suara Surabaya, Jumat (3/4/2020).

View this post on Instagram

Hai Electrizen, Mimin mau kasih tau kalau Token Gratis dari PLN untuk Pelanggan Rumah Tangga Prabayar 450 VA dan 900 VA Subsidi SUDAH DAPAT DIAKSES LOHH! Electrizen dapat memperolehnya dengan mengirimkan nomor ID Pelanggan ke WA dengan nomor 08122-123-123 atau melalui website PLN www.pln.co.id  Dengan ID tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir untuk Pelanggan 450 VA dan sebesar 50% akan diberikan kepada pelanggan 900VA bersubsidi, dihitung dari pemakaian bulanan tertinggi dalam 3 bulan terakhir. Mekanisme website dengan cara: 1. Buka Alamat www.pln.co.id kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus covid-19 2. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar. 3. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan. Atau anda juga bisa mengakses melalui WA ke nomor 08122-123-123. Dengan cara : 1. Buka Aplikasi WhatsApp 2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123 , ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan. 3. Token gratis akan muncul 4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan. Saat ini ada sekitar 24 juta data pelanggan rumah tangga 450 VA, ditambah 7 juta pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi yang harus dimasukkan ke dalam sistem. Proses ini akan tuntas dalam sepekan ke depan, atau paling lambat tanggal 11 April seluruh pelanggan yang digratiskan sudah dapat terlayani seluruhnya. #PLNatasiCorona #PLNTerbaik #PLNBerbakti

A post shared by PLN (@pln_id) on

Ia mengatakan, besaran jumlah tagihan dihitung dari pemakaian bulanan tertinggi selama 3 bulan terakhir, yakni dari Desember 2019 sampai Februari 2019.

Setelah itu, pelanggan tinggal memasukkan kode token ke kWh Meter. Jika mendapatkan potongan 50%, sisa tagihan dapat dibayarkan ke minimarket dengan menunjukkan kode tersebut, atau ke layanan e-commerce dengan menyertakan kode token.(tin/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs