Sabtu, 31 Oktober 2020

Toko Sekaligus Gudang Cat dan Tiner Setengah Hektare Ludes Terbakar

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Sejumlah petugas pemadam dari Pakal Surabaya berjibaku memadamkan api di gudang tiner Jalan Ngasinan. Foto: Istimewa

Toko dan Gudang Cat dan Tiner bagian Toko Jaya Sentosa seluas setengah hektare (5.000 meter persegi), di Jalan Raya Ngasinan 64, Kelurahan Kepatihan, Menganti, Gresik ludes terbakar, Minggu (19/7/2020) malam.

Sebanyak 10 unit kendaraan pemadam kebakaran dari Surabaya maupun dari Gresik berjibaku padamkam api selama tiga jam sejak pukul 18.59 WIB hingga akhirnya api pokok dinyatakan padam pukul 21.50 WIB.

Bambang Vistadi Kabid Pembinaan dan Operasional Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya menyebutkan, PMK Surabaya menerjunkan enam unit kendaraan pemadam untuk membantu penanganan.

“Kami terjunkan masing-masing satu unit kendaraan tempur dari Pos Pakal, Rayon 4 Wiyung, Rayon 1 Pasar Turi, Pos Pakis TVRI, juga satu unit tempur dan satu unit Pumper dari Rayon 5 Margomulyo,” ujarnya.

Empat unit lainnya, kata Bambang, dari PMK Gresik yang sampai api pokok padam masih melakukan pembasahan di tempat kejadian kebakaran. Setengah hektare bangunan toko dan gudang, dia pastikan semua terbakar.

Api dari bangunan yang berisi bahan mudah terbakar seperti tiner itu sempat berkobar hebat dan mengundang perhatian warga setempat. Situasi sempat tegang, karena beberapa kali terdengar ledakan.

Turut serta dalam penanganan kebakaran Toko Jaya Sentosa yang diketahui milik warga bernama Imatul Fuad itu sejumlah petugas PLN. Petugas sempat memutus aliran listrik sementara pemadaman berlangsung.

Saking besarnya api dari bangunan dan kebutuhan ruang yang cukup luas untuk hilir mudik kendaraan pemadam, petugas kepolisian dan aparat lain terpaksa sempat menutup sementara akses sejumlah jalan.

Seiring padamnya api pokok menyisakan aktivitas pembasahan lokasi, akses jalan berangsur kembali dibuka. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Tapi kerugian dan penyebab kebakaran belum diketahui.(den)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Pengunjukrasa Melintas di Diponegoro

Hujan di Bratang Surabaya

Kecelakaan Melibatkan Dua Truk di Pandaan

Kebakaran Gudang di Simorejo Sari

Surabaya
Sabtu, 31 Oktober 2020
27o
Kurs