Jumat, 26 April 2024

Trump Sampaikan Pesan Demokrasi kepada Jokowi dalam Momen HUT Ke-75 RI

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Joko Widodo Presiden dengan Donald Trump Presiden Amerika Serikat di sela-sela penyelenggaraan KTT G20 di Hamburg, Jerman. Foto: Biro Pers Setpres

Donald Trump Presiden Amerika Serikat (AS) mengirimkan pesan demokrasi kepada Joko Widodo Presiden Indonesia sebagai ucapan selamat dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 RI.

“Atas nama Amerika Serikat, dengan penuh suka cita saya ingin mengucapkan selamat kepada Anda dan rakyat Indonesia yang merayakan peringatan Hari Kemerdekaan ke-75 pada 17 Agustus,” kata Trump dalam surat tersebut seperti dikutip Antara dari Kedutaan Besar dan Konsulat AS di Indonesia, Senin (17/8/2020).

Trump menyebut bahwa AS dan Indonesia merupakan dua negara yang demokratis, dengan komitmen untuk memajukan perdamaian dan kesejahteraan dunia, termasuk di kawasan Indo-Pasifik.

“Melalui kerja sama untuk memajukan kepentingan kita berdasarkan nilai-nilai demokratis yang kita anut bersama tersebut, saya yakin bahwa kita mampu mewujudkan kawasan Indo-Pasifik yang benar-benar bebas dan terbuka,” tulis Trump.

Kesamaan nilai-nilai pada kedua negara merupakan modal dalam menjalin relasi strategis, yang saat ini difokuskan pula pada upaya bersama untuk melawan pandemi Covid-19.

“Kemitraan strategis antara AS dan Indonesia berakar pada nilai-nilai bersama, hubungan antar masyarakat yang mendalam, serta hubungan perdagangan dan investasi yang dinamis,” kata Trump menambahkan.

“Di saat-saat yang penuh tantangan ini, upaya bersama kita menanggulangi dampak Covid-19 akan semakin memperdalam kemitraan kita. […] saya ucapkan sukses selalu seiring perayaan hari yang istimewa ini,” demikian pesan Trump.(ant/iss/lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
27o
Kurs