Sabtu, 27 April 2024

Umat Hindu di Surabaya, Persiapkan Rangkaian Persembahyangan Nyepi

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Umat Hindu di Kota Surabaya mempersiapkan rangkaian persembahyangan Nyepi didalam pura agung Jagad Karana. Foto: Totok suarasurabaya.net

Ditengah pandemi covid 19, Sabtu (21/3/2020) umat Hindu di Kota Surabaya mempersiapkan rangkaian persembahyangan Nyepi.

Di dalam pura agung Jagad Karana, beberapa persiapan dilakukan ibu-ibu yang sedang membuat perlengkapan untuk persembahyangan atau upacara Melasti yang dijadwalkan digelar pada Minggu (22/3/2020).

“Tahun ini rangkaian persembahyangan Nyepi, termasuk pelaksanaan Melasti dan Tawur Agung Kesanga digelar didalam pura agung Jagad Karana. Kami tidak menggelar arak-arakan atau pawai seperti tahun-tahun lalu,” terang I Wayan Suraba Ketua PHDI Surabaya.

Mengikuti anjuran pemerintah agar tidak berkumpul dalam rangka social distance, maka umat diharapkan tetap menggelar persembahyangan dari rumah masing-masing bersama keluarga.

“Kami mengikuti anjuran pemerintah untuk social distance dan tidak menggelar acara yang melibatkan banyak orang. Tetapi kami tetap mengajak seluruh umat bersembahyang dari rumah masing-masing,” tambah Wayan Suraba.

Sementara itu, didalam pura agung Jagad Karana, sejumlah umat Hindu terlihat menggelar persembahyangan dan berdoa bersama.(tok/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
28o
Kurs