Selasa, 29 September 2020

Unair Segera Evaluasi Uji Klinis Kombinasi Obat Penawar Covid-19

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Lima kombinasi obat-obatan yang dikenalkan Gugus Tugas Covid-19, Jumat (12/6/2020), di Graha BNPB, Jakarta Timur, untuk mengatasi wabah penyakit Covid-19. Foto : Farid suarasurabaya.net

Unair menegaskan akan segera melakukan evaluasi terhadap hasil uji klinis lima kombinasi obat penawar Covid-19 yang ditemukan oleh peneliti dari kampusnya.

“Sekarang sedang diuji di sejumlah rumah sakit di Lamongan, Kediri dan RS Unair serta RSPAD (Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto) Jakarta. Hasil uji klinisnya akan kami evaluasi dalam 1-2 minggu ke depan,” ujar Prof Mohammad Nasih Rektor Universitas Airlangga Surabaya seperti dilansir Antara pada Selasa (14/7/2020).

Uji klinis, kata Nasih, membutuhkan waktu panjang, namun dengan situasi pandemi saat ini, diharapkan jika obat sudah terbukti dari sejumlah pengujian maka segera diadaptasikan secara massal.

Sementara itu, Unair saat ini tidak hanya meneliti obat penawar Covid-19, tapi juga menyiapkan uji klinis vaksin Covid-19.

“Tim peneliti Unair juga mengembangkan vaksin pendekatan oral atau tetes. Saat ini vaksin Covid-19 ini masih dalam tahap clinic ethical clearens atau menunggu proses uji klinik,” ujarnya.

Sebelumnya, pada Juni 2020 tim peneliti Universitas Airlangga Surabaya menemukan lima kombinasi obat penawar Covid-19 yang bisa langsung digunakan karena telah ada di pasaran.

Kelima kombinasi obat tersebut adalah loprinavir-ritonavir-azitromisin, loprinavir-ritonavir-doxixiclin, loprinavir-ritonavir-klaritomisin, hidroksiklorokuin-azitromisin dan hidroksiklorokuin-doksisiklin.

Kombinasi obat ini telah dinyatakan memiliki efektivitas untuk mencegah masuknya virus, menghambat replikasi, dan mencegah perkembangbiakan virus. Prof Nasih memaparkan, pihaknya telah melakukan proses uji toksisitas dan pengujian kombinasi efektivitas pada kelima regimen kombinasi obat.

“Yakni menumbuhkan berbagai jenis sel target jenis virus seperti sel paru, sel ginjal, sel trakea, sel liver sebagai tempat untuk menumbuhkan sel virus SARS-CoV-2 yang merupakan sel Covid-19 asli Indonesia,” katanya. (ant/bas/ipg)

Berita Terkait
NOW ON AIR SSFM 100

Rahmat Wahyu Robbani

Potret NetterSelengkapnya

Kemacetan di Raya Taman arah Bundaran Waru

Bypass Krian arah Mojokerto Macet

Underpass Satelit arah Mayjen Sungkono Macet

Kemacetan di Manukan

Surabaya
Selasa, 29 September 2020
35o
Kurs