Rabu, 5 Agustus 2020

Unesa Sedang Siapkan Robot untuk Bantu Nakes Merawat Pasien Covid-19

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Penyerahan bantuan APD meliputi baju hasmat, face shield, helm face shield, masker, hand sanitizer, serta sepatu boat dari Unesa ke beberapa rumah sakit. Unesa juga sedang menyiapkan robot untuk membantu tenaga kesehatan (nakes) merawat pasien Covid-19. Foto: Istimewa

Universitas Negeri Surabaya (Unesa) sedang menyiapkan robot untuk membantu tenaga kesehatan (nakes) merawat pasien Covid-19. Prof. Nurhasan Rektor Unesa mengatakan, tim dari Fakultas Teknik (FT) saat ini sedang bekerja merancang robot tersebut.

Selain robot, ia mengaku, Unesa juga tengah menyiapkan drone yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk melakukan penyemprotan disinfekan mencegah penyebaran virus Sars Cov2.

“Kami juga sedang proses menyiapkan robot yang bisa membantu para perawat dalam mengantarkan makanan dan perlengkapan lain yang dibutuhkan pasien. Selain itu, kita juga sedang menyiapkan drone utnuk membantu masyarakat ketika semprot disinfektan,” ujar Nurhasan.

Selain menyiapkan robot dan drone, Unesa juga beberapa kali memberikan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) ke sejumlah rumah sakit dan puskesmas di Jawa Timur. Salah satunya di Puskesmas Sekardangan Sidoarjo, Rumah Sakit Islam (RSI) Jemursari Surabaya, Rumah Sakit Ibnu Sina Sidoarjo, dan RSUD Jombang.

Terbaru, pada Kamis (16/4/2020) Unesa memberikan bantuan APD ke lima rumah sakit yaitu RSUD Dr. Soetomo Surabaya, RSUD Sidoarjo, RSUD Jombang, RSUD Nganjuk, dan RS Soedono Madiun. Bantuan yang diberikan meliputi baju hasmat, face shield, helm face shield, masker, hand sanitizer, serta sepatu boat.

“Jadi, upaya kita, sivitas akademika Unesa sangat konsen membantu pemerintah, disamping untuk memutus mata rantai covid ini, juga Unesa peduli dampak-dampak dari covid ini, baik itu dampak sosial maupun psikologis,” pungkas Nurhasan.

Sebelumnya, inisiatif pembuatan robot untuk membantu nakes merawat pasien Covid-19 juga digagas oleh tim dari ITS dan Unair. Robot yang dinamakan Raisa (Robot Medical Assistant ITS-Unair) ini baru saja rampung pada Selasa (14/4/2020) lalu. (bas/tin)

Berita Terkait
NOW ON AIR SSFM 100

Fabian Yudhistira

Potret NetterSelengkapnya

Truk Patah As di Gedangan

Truk Muat Pasir Terguling di Balongbendo

Kerikil Berserakan, Lalu Lintas Macet

Fortuner Masuk Sungai Kaliwaron

Surabaya
Rabu, 5 Agustus 2020
25o
Kurs