Jumat, 26 April 2024

Update Covid-19: Penderita Positif Masih Bertambah Hampir 300 Orang

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Achmad Yurianto, juru bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19. Foto : Setkab RI

Achmad Yurianto Juru Bicara Pemerintah untuk penanganan virus Corona mengatakan, pasien positif Covid-19 bertambah 297, sehingga total seluruh Indonesia adalah 5.136 orang.

“Secara keseluruhan kasus positif yang kita dapatkan pada hari ini adalah 297 pasien, sehingga total konfirmasi positif akumulatif menjadi 5136 orang,” ujar Achmad dalam konferensi pers di kantor BNPB, Jakarta Timur, Rabu (15/4/2020).

Sedangkan untuk pasien sembuh, kata dia, ada 20 orang sehingga total akumulasi 446 orang. Sementara pasien meninggal 10 orang, sehingga total kasus 469 orang.‎

Dari data tersebut, menurut Achmad, masih terjadi penularan dan penyebaran Covid-19.

“Oleh karena itu, dari data yang kita sajikan bahwa penularan masih terjadi, penyebaran penyakit masih terjadi,” jelasnya.

Dia mengajak masyarakat untuk saling bahu-membahu memastikan kalau penularan tidak ada lagi.

“Mari kita bahu membahu untuk saling membantu, saling menjaga untuk memastikan tidak ada lagi penularan, tidak ada lagi yang menular yang berada di tengah masyarakat dan tidak ada lagi kelompok masyarakat yang rentan tertular,” tegasnya.

Achmad juga mengajak masyarakat untuk menghargai dan membantu serta tidak tidak diskriminasi terhadap mereka yang sedang melaksanakan isolasi mandiri.

“Di rumah melaksanakan isolasi, secara kelompok di RT di Kelurahan. Jangan melakukan diskriminasi pasien Covid-19 yang sudah sembuh yang telah kembali ke rumah,” kata dia.

Achmad mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak menolak jenazah Covid-19 demi kemanusiaan dan tenggang rasa.

“Tidak lagi boleh kita menolak jenazah Covid-19. Mari kita jadi teladan untuk menunjukkan nilai-nilai kemanusiaan. Kekompakan kita sebagai bangsa sedang diuji. Level Gotong-royong dan kerjasama kita dan tenggang rasa kita sedang disaksikan di seluruh dunia,” ujar Achmad.(faz/tin/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs