Sabtu, 27 April 2024

Pemerintah Siapkan Sejumlah Langkah Penyelamatan UMKM dari Dampak Covid-19

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden dalam rapat kabinet terbatas secara virtual dari Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (15/4/ 2020). Foto : Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden meminta jajarannya mempersiapkan sejumlah upaya guna memitigasi dampak pandemi Covid-19 terhadap usaha mikro, usaha kecil, dan usaha menengah (UMKM).

Hal itu ditegaskan Jokowi dalam rapat kabinet terbatas secara virtual dari Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (15/4/ 2020).

Langkah pertama, Presiden instruksikan mempercepat eksekusi program relaksasi, restrukturisasi kredit bagi UMKM yang mengalami kesulitan.

Secara khusus, Presiden minta mekanisme bantuan kredit UMKM, baik berupa subsidi bunga, penundaan pembayaran pokok, dan pemberian tambahan kredit modal kerja segera dilaksanakan.

“Jangan menunggu sampai mereka tutup, baru kita bergerak. Jangan sampai nanti terlambat. Jangan sampai terlambat dan menimbulkan gejolak di masyarakat. Semua, saya minta semua kebutuhan betul-betul dihitung anggarannya dan sehingga kita nantinya bisa memutuskan,” tegas Presiden.

Langkah kedua, Presiden minta dalam masa pandemi ini jajarannya mempersiapkan skema baru dalam pembiayaan, terutama yang berkaitan dengan investasi dan tenaga kerja.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga meminta agar pengajuannya lebih mudah dan terjangkau, terutama untuk daerah-daerah yang terdampak.

“Kemudian yang ketiga, untuk usaha mikro dan ultra mikro, saya minta juga dimasukkan dalam skema bantuan sosial terutama yang berkaitan dengan paket sembako,” imbuhnya.

Keempat, Jokowi meminta UMKM terus mendapat kesempatan berproduksi. Secara khusus, Presiden menyebut beberapa sektor yang perlu diutamakan, dengan tetap berpegang pada protokol kesehatan yang ketat.

“Saya minta untuk usaha mikro, usaha kecil, usaha menengah diberikan peluang terus untuk berproduksi terutama di sektor pertanian, di sektor-sektor industri rumah tangga serta warung-warung tradisional, dan sektor makanan dengan protokol kesehatan yang ketat,” tandasnya.(rid/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
26o
Kurs