Selasa, 23 April 2024

Wagub Jatim: Mahasiswa Silahkan Ikut Serta Penanganan Covid-19

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Dr. H. Emil Elestianto Dardak, M.Sc., Wakil Gubernur Jawa Timur memberikan sambutan pada zoom meeting COP Peduli Covid-19 UK Petra Surabaya. Foto: Humas UK Petra

Di hadapan mahasiswa Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya, peserta COP, Jumat (7/8/2020) melalui zoom meeting, Dr. H. Emil Elestianto Dardak, M.Sc., Wakil Gubernur Jawa Timur, himbau mahasiswa berperan di pemberantasan Covid-19, dengan tetap memperhatikan keselamatan masing-masing.

“Mahasiswa silahkan ikut berperan serta dalam pemberantasan Covid-19 tetapi dengan tetap memperhatikan keselamatan dan keamanan masing-masing. Kami sangat berterima kasih atas peran serta para mahasiswa dan Universitas Kristen Petra yang ikut aktif dalam program ini,” terang Dr. H. Emil Elestianto Dardak, M.Sc., Wakil Gubernur Jawa Timur.

Community Outreach Program (COP) atau biasanya dikenal dengan Kuliah Kerja Nyata Internasional yang diusung oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UK Petra kembali digelar dengan konsep yang berbeda menyesuaikan kondisi pandemi Covid-19. Kali ini UK Petra melalui program COP nya ikut berpartisipasi dalam KKN Tematik Pandemi gagasan Gubernur Jawa Timur bersama 20 Perguruan Tinggi lainnya.

Dr. Drs. Ribut Basuki, M.A., Kepala LPPM UK Petra, menyampaikan bahwa kesempatan ini melalui COP para mahasiswa boleh berkontribusi bagi masyarakat kemudian menjadi berkat bagi masyarakat dalam penanganan Covid-19.

“COP Peduli Covid-19 ini mengangkat tema: “Keep Blessing The Nation: Menjadi Berdampak atau Terdampak”. Melalui tema ini kami ingin mengajak semua orang baik di saat sulit seperti ini menjadi orang-orang yang mau dan ingin berkontribusi bagi masyarakat kemudian menjadi berkat bagi masyarakat dalam penanganan Covid-19. Karena seperti pesan pak Emil ini saatnya kita bergerak dan berjuang bersama,” papar Dr. Drs. Ribut Basuki, M.A., Kepala LPPM UK Petra Surabaya.

Kegiatan yang digelar mulai 10 Agustus 2020 sampai dengan 2 Oktober 2020 ini diikuti peserta terdiri dari 126 mahasiswa dari 18 program studi yang ada di UK Petra, 21 kota kabupaten dan 2 Negara.

Ditambahkan Denny Tri Haryanto, S.T., koordinator umum COP UK Petra Peduli Covid-19 Surabaya Raya, bahwa peserta COP Peduli Covid-19 tahun ini selain diikuti mahasiswa reguler juga ada mahasiswa dari Korea, yang dilibatkan secara aktif.

“Kali ini ada mahasiswa program reguler UK Petra asal Korea yang tertarik ikut dan berada di Korea, jadi mahasiswa tersebut ikut program ini langsung dari Korea. Sehingga COP Peduli Covid-19 kali ini ada dua negara yaitu Indonesia dan Korea. Para peserta ini dibagi menjadi 12 kelompok yang didampingi dengan satu dosen pendamping,” kata Denny Tri Haryanto, S.T.

Berlokasi di sejumlah kelurahan diantaranya Kelurahan Siwalankerto, Sidosermo, Bendul Merisi, Jemurwonosari dan Margorejo, dalam COP Peduli Covid-19 Surabaya Raya dijadwalkan ada enam program yang dikerjakan.

Keenam program tersebut diantaranya pertama, pemetaan untuk membuat data base dan up date data di RW kampung tanggung di wilayah Surabaya Raya. Kedua, kampanye yaitu membuat media kampanye (spanduk, brosur, video) untuk menekan penyebaran Covid-19. Ketiga, Teknologi Informasi, membuat aplikasi membantu warga dalam mengakses data dengan cepat dan tepat diterima oleh warga.

Keempat, Inovasi dan Teknologi Tepat Guna, misalnya membuat cuci tangan otomatis, membuat APD dan lain-lain. Kelima, Edukasi dengan memberikan sosialisasi dan pelatihan dengan topik yang menarik. Yang terakhir Pemberdayaan Ekonomi (UMKM), membantu mulai memasarkan produk masyarakat secara online (E-Commers).

Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M. Eng., Rektor Universitas Kristen Petra Surabaya, menyampaikan bahwa para mahasiswa peserta COP Peduli Covid-19 adalah mereka yang terpilih mewakili UK Petra dan oleh karenanya wajib bekerja dengan tulus sekaligus jadi berkat bagi orang lain.

“COP yang sudah berjalan selama 24 tahun ini yang biasanya diadakan di luar Surabaya terpaksa dibatalkan. Dan sesuai arahan Wakil Gubernur Jawa Timur kami selenggarakan di Kota Surabaya. Kepada para mahasiswa, anda adalah pasukan terpilih yang diterjunkan di kota tempat kita menimba ilmu, Surabaya. Lakukanlah yang terbaik yang anda dapat lakukan. Bekerjalah dengan tulus, jadilah berkat,” pungkas Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M. Eng., Rektor Universitas Kristen Petra Surabaya, Jumat (7/8/2020).(tok/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
29o
Kurs