Sabtu, 27 April 2024

Wantim MUI Gelar Doa Bersama dengan Ulama Al Azhar Mesir

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Logo Majelis Ulama Indonesia (MUI). Foto: wikipedia

Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) menggelar doa bersama ulama Al-Azhar Mesir dalam menghadapi Covid-19 melalui Zoom. Kegiatan bertema “Selamat Indonesia, Selamat Dunia Bersama” ini merupakan inisiatif Dewan Pertimbangan MUI Pusat bersama Komite Tinggi Persaudaraan Kemanusiaan dan Pondok Pesantren Tazakka, Batang, Jawa Tengah dalam merespons seruan Grand Syekh Al-Azhar Mesir 14 Mei lalu. Kegiatan ini akan disiarkan di TV MUI, Tazakka TV, Tawaf TV, serta TvMUI.

“Dalam rangka menyambut Seruan Ahmad Muhammad At Thoyyib Grand Syekh Al Azhar Mesir untuk Doa Kemanusiaan pada 14 Mei 2020, Dewan Pertimbangan MUI bekerjasama dengan Komite Tinggi Persaudaraan Kemanusiaan dan didukung Pondok Pesantren Modern Tazakka, mengadakan acara doa bersama untuk kemanusiaan pada kamis, 14 Mei 2020, pukul 14.30 sampai dengan 15.30 WIB melalui aplikasi zoom,” ujar Din Syamsuddin Ketua Wantim MUI dalam keterangan tertulisnya, Kamis (14/5/2020).

Acara ini berisi lima tausiyah, lima sambutan, dan tujuh doa. Tausiyah utama akan disampaikan Grand Syekh Al Azhar tentang Islam dan Kemanusiaan yang disampaikan Muhammad Husein Al-Mahrosowi Rektor Universitas Al-Azhar.

Kemudian, secara berurutan, tausiyah akan disampaikan Didin Hafiduddin Wakil Ketua Wantim MUI, Noor Achmad Sekretaris Wantim MUI, Quraish Shihab pakar tafsir Al-Quran sekaligus alumni terkemuka Universitas Al-Azhar, serta ditutup Din Syamsuddin Ketua Wantim MUI.

Lima sambutan dalam kegiatan ini masing-masing disampaikan Jendral (Purn) Fakhrurrozi Menteri Agama RI, Muhammad Jusuf Kalla Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia, Mohammad Abdul al-Salam Sekjen Komite Tinggi untuk Persaudaraan Kemanusiaan,Yang Mulia Asyrof Sulton Duta Besar Mesir di Jakarta, serta Hilmi Fauzi Duta Besar RI di Kairo.

Di sela-sela sesi tausiyah dan sambutan tersebut akan ada tujuh doa. Masing-masing oleh Nadzir Iyad Sekjen Majma? Al-Buhuts al-Islamiyah, Abdullah Syah Ketua MUI Sumatra Utara, Sanusi Baco Ketua MUI Sulawesi Selatan, Lukman Haris Dimyati Pengasuh Pondok Pesantren Tremas, Hasan A Sahal anggota Wantim MUI sekaligus Pimpinan Pondok Pesantren Gontor, dan Abdul Rasyid Abdullah Syafii anggota Wantim MUI . Sedangkan Muhyiddin Junaidi Wakil Ketua Umum MUI akan memimpin doa pamungkas.(faz/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
31o
Kurs