Senin, 24 Januari 2022

Wartawan Foto Parlemen Pamerkan Karya-Karya Jurnalistik Parlemen New Normal

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Puan Maharani Ketua DPR RI didampingi para Wakil Ketua DPR RI meresmikan pameran foto Parlemen New Normal, Jumat (11/12/2020), di Gedung Nusantara II, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta. Foto: Istimewa

Wartawan Foto Parlemen (WFP) kembali menggelar Pameran Foto Warna-Warni Parlemen, di Lobby Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Pameran foto itu merekam berbagai macam peristiwa dan kegiatan wakil rakyat yang duduk di Senayan. Mulai dari transisi perpindahan pimpinan antara Bambang Soesatyo ke Puan Maharani, sampai dinamika pembahasan undang-undang yang banyak menjadi perhatian publik.

Banyak ragam kegiatan yang terekam lensa pewarta foto parlemen, baik itu kegiatan ekternal mau pun internal.

Pameran foto rutin tahunan yang masuk tahun kesembilan ini melibatkan 15 pewarta foto dari 14 media, mengekspresikan karyanya yang sudah secara rutin di gelar dari tahun ke tahun.

Pameran itu bertujuan supaya Anggota DPR mendapatkan masukan, saran, dan kritik yang konstruktif, utamanya dalam bentuk visual.

Di tengah-tengah pandemi Covid-19, kerja pewarta foto benar-benar dibuat semakin menantang.

Work From Home (WFH) mustahil dilakukan pewarta foto. Oleh sebab itu, melalui pameran itu, WFP berharap penerapan protokol kesehatan yang ketat di Parlemen juga diimbangi dengan sarana dan prasarana yang memadai, supaya para pewarta yang biasa meliput di parlemen bisa menjalankan tugasnya dengan baik.

“Semoga DPR dapat memberikan sistem dan mekanisme yang baik agar teman-teman wartawan dapat meliput dengan sehat dan aman,” ujar Didik Setiawan Ketua Panitia Pameran Foto Warna-Warni Parlemen 2020, Jumat (11/12/2020), di Gedung DPR.

Dari 1246 foto yang masuk, terpilih 101 foto oleh Susanto fotografer senior Media Indonesia yang menjadi kurator .

Pada pameran itu, Wartawan Foto Parlemen juga mengenang wafatnya Lamhot Aritonang fotografer senior Detikcom yang juga kerap meliput di Parlemen.

“Lewat pameran ini, kami juga menggalang donasi untuk kepergian senior kami Lamhot Aritonang, semoga dapat sedikit meringankan beban keluarga kecilnya,” tambah Didik.

Sekadar informasi, pameran foto bertajuk “Parlemen New Normal” yang terbuka untuk umum dan gratis, berlangsung dari tanggal 11 Desember sampai 16 Desember 2020.

Puan Maharani Ketua DPR RI yang membuka secara resmi pameran foto itu mengaku senang dengan karya-karya jurnalistik wartawan foto parlemen (WFP).

Pada acara itu, Puan didampingi Wakil Ketua DPR Azis Syamsudin, Rachmat Gobel, dan Muhaimin Iskandar.

Puan berharap para jurnalis yang bertugas di lingkungan parlemen bisa bersinergi dalam menyuarakan kinerja Anggota DPR.

“Artinya, kita hadir harus bergotong royong dalam menciptakan dan memperlihatkan bahwa kita sebagai anggota DPR itu memang sungguh-sungguh sebagai wakil rakyat dan memang bekerja untuk rakyat. Ini memang harus dibantu oleh temen-temen media yang bertugas di DPR RI,” tutur Puan.

Sementara itu, Marlen Sitompul Ketua Koordinatoriat Wartawan Parlemen (KWP) bersyukur dengan terlaksananya Pameran Foto di lingkungan parlemen secara sukses.

Dia mengapresiasi Kesetjenan DPR yang telah memfasilitas acara dengan baik.

Menurutnya, terlaksananya pameran foto ini tak lepas dukungan dari Pimpinan DPR dan sinergisitas Koordinatoriat Wartawan Parlemen dengan Kesekjenan DPR.(rid/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Senja Penutup Tahun

Truk Derek Ringsek Setelah Tabrak Truk Gandeng Parkir

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Surabaya
Senin, 24 Januari 2022
26o
Kurs