Sabtu, 20 April 2024

67 Pekerja Migran ‘Lulus’ Dari RSLI

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi pekerja migran Indonesia. Foto: Antara

Sebanyak 67 pekerja migran Indonesia asal Jawa Timur dinyatakan sembuh dari Covid-19 setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Kota Surabaya. Mereka diperbolehkan kembali ke daerah asal.

“Sampai hari ini ada 67 pasien yang boleh pulang usai terkonfirmasi dua kali negatif hasil tes usap PCR. Rinciannya, 38 laki-laki dan 29 perempuan,” ujar Radian Jadid Ketua Pelaksana Relawan Program Pendampingan Keluarga Pasien Covid-19 RSLI di Surabaya, Minggu (30/5/2021) malam dilansir Antara.

Seluruh pasien sembuh, kata dia, setelah menjalani isolasi, perawatan serta penyembuhan di RSLI, lalu dikembalikan ke Pemprov Jatim untuk ditindaklanjuti berupa pemberian surat jalan dari Dinas Perhubungan Jatim dan penerimaan atau penjemputan dari Pemkab masing-masing.

Berdasarkan data, sejak 28 April 2021 atau kedatangan pertama kali PMI ke Jatim hingga Minggu siang tadi, total lebih dari 11 ribu orang telah tiba, yang kemudian dilakukan tes usap dan sebanyak 120 orang dinyatakan positif Covid-19.

Dengan kepulangan 67 orang maka yang mendapatkan perawatan dan masih harus menjalani isolasi sebanyak 53 orang, rinciannya 26 perempuan dan 27 laki-laki.

“Sebagian besar atau 90 orang lebih PMI datang asal Malaysia, kemudian Singapura belasan orang dan beberapa orang lainnya asal Brunei Darussalam, Belanda, Hong Kong dan Jepang,” jelasnya.

Dari total yang menjalani perawatan, terdapat dua orang pasien yang terkonfirmasi Covid-19 varian baru.

Pasien yang terkonfirmasi varian baru B.117 (strain Inggris) berinisial P, masuk dengan gejala ringan tanpa kormobid atau penyakit penyerta, setelah 14 hari perawatan kondisi klinisnya terus membaik dan dikonfirmasi dua kali tes usap negatif.

Sedangkan, pasien terkonfirmasi varian baru B.1351 (strain afrika Selatan) berinisial M masuk tanpa gejala, namun komorbid, dan setelah 18 hari perawatan serta terkonfirmasi dua kali tes usap negatif, kondisi klinisnya membaik.

Kedua pasien yang masing-masing asal Kabupaten Jember dan Kabupaten Sampang tersebut telah dinyatakan sembuh dan sudah keluar rumah sakit.

Di sisi lain, berdasarkan data dari tim Satpol PP Jatim bertugas di Asrama Haji Surabaya, pada hari Minggu kembali tiba sekitar 233 orang PMI yang menumpang dua pesawat asal Singapura dan Malaysia.(ant/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
32o
Kurs