Jumat, 3 Desember 2021

90.560 Lansia di Sidoarjo Sudah Menerima Vaksin Covid-19

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Herlin Ferliana Kadis Kesehatan Jatim bersama Sa'adah Ahmad Muhdlor Ali Ketua TP PKK Sidoarjo mendampingi lansia saat vaksinasi di Learning Center MPM Honda Sidoarjo, Sabtu (5/6/2021). Foto: Humas Pemkab Sidoarjo

Data Dinas Kesehatan Provinsi Jatim, hingga Juni 2021 sudah ada sebanyak 32 persen dari total 283.000 lansia sasaran vaksinasi di Sidoarjo yang mendapatkan vaksin. Jumlahnya sekitar 90.560 lansia.

Pemprov Jatim juga Pemkab/Pemkot se-Jatim sedang menggencarkan vaksinasi untuk lansia. Karena dari target 2,5 juta lansia sasaran vaksinasi. Yang sudah tercapai baru 23 persen.

“Hari ini masih bagian dari Hari Lansia yang kami kemas untuk mengejar target vaksinansi. Ini jadi upaya kerja keras kita untuk vaksinasi lansia,” ujar Herlin Ferliana Kepala Dinas Kesehatan Jatim di Sidoarjo, Sabtu (5/6/2021).

Dia sampaikan itu saat menghadiri vaksinasi terhadap 1.000 lansia yang digelar bersama Dinas Kesehatan Sidoarjo bekerja sama dengan MPM Honda Sidoarjo dalam Rangka Hari Lansia ke-25 di MPM Learning Center Gedangan, Sidoarjo.

Herlin menegaskan, meski sudah menjalani vaksinasi, para lansia dia harapkan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan tidak sekali-kali meninggalkannya dalam setiap aktivitas.

“Vaksinasi adalah salah satu upaya. Harus dibarengi menerapkan protokol kesehatan secara ketat dengan 5M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas),” katanya.

Sa’adah Ahmad Muhdlor Ali Istri Bupati Sidoarjo selaku ketua TP PKK dan dr. Sriatun Wakil Ketua TP. PKK Kabupaten Sidoarjo, dr Syaf Satriawarman Kadis Kesehatan Sidoarjo, dan Direktur MPM Distributor Sidoarjo, menghadiri acara itu.

Adapun 1.000 orang lansia yang mendapatkan vaksinasi itu berasal dari Kecamatan Waru, Medaeng, Sedati, Gedangan, dan Buduran, yang digerakkan oleh kelompok PKK Kabupaten Sidoarjo dan Puskesmas Wilayah.

Sasha sapaan akrab Sa’adah Ahmad Muhdlor Ali bilang, dia merasa bahagia bisa hadir secara langsung dan menemani para lansia dalam proses vaksinasi yang sebelumnya sudah digelar di Kecamatan Sidoarjo 29 mei lalu itu.

Sebelumnya, sudah ada sebanyak 300 lansia yang mengikuti vaksinasi. Sabtu ini, Gebyar vaksinasi lansia dilanjutkan terhadap 1.000 lansia di 4 Kecamatan.

“Saya harap kegiatan serupa bisa digelar di tiap kecamatan di Kabupaten Sidoarjo. Saat ini kita masih berdampingan dengan virus Covid-19. Ini wujud upaya pemerintah memperkuat imun atau sistem kekebalan tubuh bagi para lansia,” ujarnya.

Di acara itu Sasha juga mengapresiasi MPM Honda atas bantuan paket sembako terhadap seluruh lansia peserta vaksinasi. Menurutnya, itu bentuk dukungan dan wujud kepedulian MPM Honda.

Tidak hanya itu, di acara tersebut juga digelar pemeriksaan kesehatan gratis untuk para lansia peserta vaksinasi massal gratis.(den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Jumat, 3 Desember 2021
30o
Kurs