Selasa, 23 April 2024

Alutsista, Kesejahteraan Prajurit dan Mitigasi Konflik Jadi Tugas Panglima TNI Baru

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Alutsista MLRS Vampire Korps Marinir digunakanuji coba peluncuran Roket R HAN 122B. Foto: Dispen Kormar

Dave Akbarshah Fikarno anggota Komisi I DPR RI menjelaskan setidaknya terdapat tiga tugas yang perlu diselesaikan calon Panglima TNI yang baru. Tiga hal itu adalah menyangkut kesejahteraan dan kualitas para prajurit, modernisasi Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista), dan juga mitigasi konflik baik yang ada di dalam negeri maupun ancaman dari luar negeri.

“Itulah yang menjadi concern kita (Komisi I) juga untuk ditanyakan saat fit and proper test. Terus juga bagaimana pendidikan keluarga prajurit terutama yang ada di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar), penanganan permasalahan di Papua, terus juga ada potensi konflik di Aceh, itu yang ingin kita dengar dari Beliau,” ujar Dave dalam keterangannya, Jumat (5/11/2021).

Dalam kaitannya dengan pencegahan ancaman dari luar negeri itu, Dave ingin mendengar bagaimana strategi Jenderal Andika Perkasa calon Panglima TNI mengatasi persoalan konflik di Laut Natuna Utara dengan kondisi keterbatasan angkatan laut saat ini.

Selain itu, juga terkait jumlah personelnya, termasuk jumlah kapal patrolinya yang menandakan kehadiran negara menjaga kedaulatan.

“Sehingga, kapal-kapal asing itu tahu bahwa mereka telah masuk ke dalam wilayah kedaulatan kita,” jelasnya.

Selain ketiga aspek tersebut, menurut Dave, hal terpenting yang juga perlu dilanjutkan bahkan perlu ditingkatkan oleh Andika Perkasa adalah mengenai intensitas dan harmonisasi kerja antara TNI dan Polri.

“Ya kita melihat dia figur yang progresif, pikiran luas, membawa konsep baru di bawah tubuh TNI,” kata dia.

Sekadar diketahui, Jokowi Presiden telah mengirimkan Surat Presiden (surpres) kepada DPR RI soal Jendral Andika Perkasa sebagai calon tunggal Panglima TNI agar segera mendapatkan persetujuan melalui fit and proper test. Berdasarkan rapat internal Komisi I DPR RI, Kamis (4/11/2021), fit and proper test Calon Panglima TNI dilakukan pada Sabtu 6 November 2021 pada pukul 10.00 WIB.

Sebelumnya, Komisi I DPR RI akan melakukan verifikasi kelengkapan dokumen terlebih dahulu pada Jumat (5/11/2021) yang dilakukan oleh Pimpinan Komisi dan Kapoksi I DPR RI. Verifikasi dokumen tersebut terkait Bukti Penyerahan Laporan Kekayaan Penyelenggara Negara ke KPK, NPWP; SPT Pajak tahun terakhir, Daftar Riwayat Hidup, dan Surat Keterangan Berbadan Sehat. (faz/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
30o
Kurs