Kamis, 30 Juni 2022

Angkat Ikon Surabaya Raih Juara I Custom Shoes Competition #Indonesia Melangkah

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Arby Maulana mahasiswa Ubaya yang berhasil merebut juara pertama #Indonesiamelangkah. Foto: totok suarasurabaya.net

Terinspirasi Sura dan Buaya, Arby Maulana ukir prestasi rebut juara I Custom Shoes Competition #Indonesia Melangkah. Sebuah kompetisi desain sepatu berskala nasional yang digelar Balai Pengembangan Industri Persepatuan Indonesia (BPIPI) bersama Sport Market Fest. Mahasiswa Fakultas Industri Kreatif Universitas Surabaya (Ubaya) itu menyisihkan 40 peserta dari mahasiswa dan umum seluruh Indonesia.

Custom Shoes Competition #IndonesiaMelangkah memiliki tiga poin penting yang menjadi tema tahun ini yaitu kebersamaan, kecintaan dan komitmen. Tema ini mengusung semangat kebersamaan, kecintaan, dan komitmen kepada Indonesia. Bangkit dan bersatu untuk terus melangkah.

Arby sapaan Arby Maulana ini mengungkapkan rasa senang dan bangga karena dirinya berhasil menuangkan ide sekaligus mampu mengaplikasikan ilmu yang telah didapat dari Fakultas Industri Kreatif Ubaya untuk berkompetisi ke ranah luar kampus. Arby menjelaskan bahwa konsep ide berawal dari keinginannya untuk mengangkat budaya Indonesia. Menurutnya, hal tersebut juga sesuai dengan tema yang diusung dalam #IndonesiaMelangkah.

“Aku terinspirasi kota tempat tinggalk di Surabaya. Aku pilih ikon-ikon Surabaya yang bisa dikreasikan jadi desain sepatu. Setelah memilih beberapa ikon di kota Surabaya, aku pilih Sura dan Buaya (Baya) yang menurutku memang pas. Karakter Hiu (Sura) dan Buaya (Baya) memiliki tekstur detail yang bagus jika digambar dan ikon ini sangat mencerminkan identitas Kota Surabaya,” terang Arby, Rabu (17/3/2021).

Desain sepatu yang dibuat oleh mahasiswa yang tergabung dalam tim Pahi.id sebagai illustrator dan designer ini rupanya memiliki pesan bagi para penikmat seni. Arby mengatakan jika dirinya berharap karakter Sura dan Baya dapat menunjukkan ciri khas desain miliknya yang mengangkat unsur Nusantara sehingga lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Ditambah lagi, melalui desain sepatu ini Arby menginginkan setiap orang yang melihat karyanya dapat tertarik, termotivasi membuat lebih baik dan mengenal karakter Sura dan Baya sebagai satu diantara ikon Kota Surabaya.

Arby yang juga Founder Gran Artista Illustration Artwork ini menambahkan bahwa peran industri persepatuan di Indonesia saat ini semakin baik dengan menyediakan wadah kepada generasi muda dalam bentuk penyelenggaraan kompetisi desain sepatu.

Peserta lomba yang terdiri dari para seniman, designer dan illustrator dapat berbagi pengalaman dan bisa mempelajari teknik baru untuk terus berkembang dalam memajukan industri persepatuan melalui desain karya yang dibuat. Bagi Arby dengan mengikuti kompetisi yang diselenggarakan di luar kampus membuat dirinya semakin termotivasi memperluas wawasan serta pengalamannya di bidang desain dan industri kreatif.

“Aku suka Footwear atau sepatu dan berharap dapat berkerja di dunia industri sepatu. Tentunya dengan menciptakan produk sepatu yang bisa mengangkat unsur-unsur Nusantara dan bisa go international. Rasanya masih kurang jika desain-desain Nusantara hanya dinikmati di Indonesia saja. Kepuasaan akan tersampaikan jika desain unsur Nusantara atau budaya Indonesia bisa sampai ke telinga, mata dan hati masyarakat mancanegara,” pungkas Arby.(tok)

Berita Terkait

Surabaya
Kamis, 30 Juni 2022
30o
Kurs