Jumat, 26 April 2024

Api Pokok di Gudang Palet Padam Setelah Hampir Empat Jam, Ini Kendalanya

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Sejumlah petugas Dinas Damkar Surabaya siap-siap balik kanan setelah api pokok di gudang benar-benar padam, Rabu (31/3/2021) sore. Foto: Denza suarasurabaya.net

Kebakaran gudang palet plastik di Jalan Raya Tandes akhirnya padam. Bangunan seluas lebih dari 3500 meter persegi ini ludes terbakar beserta palet plastik yang disimpan.

Kebakaran ini dilaporkan pada Rabu (31/3/2021) pukul 12.13 WIB. Petugas damkar tiba di lokasi pukul 12 lebih 20 menit. Dinas Pemadam Kebakaran menyatakan pokok api sepenuhnya padam pukul 15.57 WIB.

Dedik Irianto Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya mengatakan, proses pemadaman ini cukup lama karena terkendala sejumlah faktor.

Salah satunya karena material plastik yang ada di dalam gudang. “Material plastik dan ban memang sulit dipadamkan. Kami tadi bahkan sudah menyemprotkan foam. Tidak hanya air,” ujarnya.

Kendala lainnya, kata Dedik, adalah angin yang cukup kencang ke arah barat, mengarah ke petugas.

Tidak hanya itu, dua kendaraan bronto skylift yang ada juga terkendala jarak dan kabel-kabel listrik di Jalan Raya. Padahal titik pusat api di gudang itu cukup jauh.

“Total unit yang kami kerahkan sore ini 29 unit. Tadi dibantu 15 truk tanki DKRTH dan satu truk tangki PDAM yang membantu petugas menyuplai air,” ujarnya.

Perlu diketahui, gudang yang terbakar ini adalah milik PT Yana Surya Bhakti Persada, perusahaan produsen palet plastik yang pabriknya ada di Sidoarjo.

Di gudang inilah semua palet plastik hasil produksi pabrik disimpan. Dan dari lokasi gudang ini juga palet plastik pesanan dikirim ke berbagai daerah, termasuk ekspor.

Tidak ada korban jiwa akibat kebakaran ini. Hanya kerugian materiel perusahaan yang belum bisa diperkirakan. Termasuk kerugian satu orang warga pemilik rumah yang berhimpitan langsung dengan gudang.(den/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs