Kamis, 25 April 2024

Bakso Sehat Kaya Antioksidan dari Kulit Buah Naga

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Latifahtur Rahmah dosen Ottimmo International mengolah kulit buah naga menjadi olehan bakso sehat, Kamis (23/12/2021). Foto: Manda Roosa suarasurabaya.net

Mulai sekarang jangan buang kulit buah naga, karena bisa diolah menjadi bakso enak dan kaya vitamin. Melalui penelitian Latifahtur Rahmah S.Pd, M.Pd dan Nurul Azizah, S.Tp, M.Sc. dosen  Ottimmo International membuat terobosan membuat bakso yang terbuat dari kulit buah naga.

“Biasanya buah naga hanya dikonsumsi dagingnya saja, namun tidak banyak yang tahu bahwa kulit dari buah naga dapat di olah kembali sehingga menjadi bahan pangan, seperti tepung, dan kali ini kami mengolahnya menjadi bakso,” jelas Latifahtur kepada suarasurabaya.net, Kamis (23/12/2021).

Alasan memilih olahan bakso kata Tifah, panggilan akrabnya karena bakso adalah makanan yang digemari oleh semua kalangan karena rasanya yang lezat.

Tifah mengatakan, olahan bakso buatannya sangat eco friendly, karena memanfaatkan kulit buah naga yang biasanya dibiarkan terbuang.

Untuk proses pengolahannya, ternyata tidak terlalu rumit, cukup mudah seperti membuat bakso pada umumnya, hanya saja ditambahkan pasta dari kulit buah naga.

“Cara membuat pasta, pertama  kulit buah naga kita bersihkan dibuang bagian yang runcing, lalu di potong-potong dan digiling atau dihaluskan,” urainya.

Pasta ini bisa disimpan di kulkas dan sewaktu-waktu diperlukan bisa digunakan.

“Pasta kulit buah naga ini bisa untuk campuran bikin mie dan kue kering juga,” imbuhnya.

Cara membuat pasta dari kulit buah naga, cukup dengan memotong kecil-kecil kemudian dihaluskan. Foto: Manda Roosa suarasurabaya.net

Sedangkan untuk pembuatan bakso, pasta kulit buah naga dicampur di tahanapan terakhir, setelah pembuatan adonan daging ayam, jamur tiram, bawang putih, garam dan merica di giling menjadi satu.

“Setelah tercampur masukkan kulit buah naga dan giling kembali hingga tercampur rata. Setelah langkah tersebut selesai  bentuk adonan bulat-bulat  lalu masukkan ke dalam air yang telah mendidih,” kata Tifah.

Setelah bakso mengambang dan tandanya sudah matang, bakso dengan campuran kulit buah naga, tampil  cantik dengan warna merah muda. Bakso ini disajikan dengan kuah kaldu dari daging sapi, suon,  ditambah toping daun bawang dan bawang goreng.

“Bakso ini tentunya lebih sehat dari bakso pada umumnya,  karena efek dari kulit buah naga yang memiliki antioksidan yang tinggi dan serat yang baik untuk tubuh,” terang Tifah yang dari penelitiannya mendapatkan hibah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi.(man/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs