Rabu, 17 April 2024

Basarnas: Tim SAR Pusat dan Daerah Sekitar Dikerahkan ke Mamuju

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Ilustrasi. Koordinator Misi Pencarian dan Pertolongan Basarnas Rasman memimpin apel pelepasan tim selam dan relawan pencarian pesawat Sriwijaya Air nomor register PK-CLC SJ 182 rute Jakarta-Pontianak hilang kontak. Pelepasan relawan dilakukan di Terminal JICT II Jakarta Utara, Minggu (10/12/2021). Foto: Antara

Bagus Puruhito Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (National Search and Rescue Agency) atau Basarnas mengatakan, Tim SAR Mamuju, Sulawesi Barat sudah mengevakuasi korban di dalam bangunan-bangunan yang runtuh.

Hal ini disampaikan Bagus menyusul gempa bermagnitudo 6,2 di Mamuju dan sekitarnya, Jumat dini hari (15/1/2021).

Menurut Bagus, tim SAR dari Makasar, Balikpapan dan Palu serta Jakarta sudah dikerahkan menuju Mamuju.

“Basarnas juga mengirim tim SAR dari Makasar yang kita dorong juga satu kapal KM SAR Kamajaya dari Makasar beserta rescuer, dari Balikpapan KM SAR Wisanggeni beserta rescuer-nya, dari Palu melalui jalan darat dan dari Jakarta kita sudah siap berangkatkan pesawat Herkules dari TNI AU menuju Mamuju,” ujar Kabasarnas di Dermaga JICT 2, Jakarta Utara, Jumat (15/1/2021).

Dia menjelaskan, ada tim Urban SAR yang juga dikirim ke Mamuju dengan membawa perlengkapan Ekstrikasi untuk mengangkat bangunan-bangunan yang runtuh.

“Kita ikut sertakan satu tim Urban SAR dari pusat bersama-sama dengan perlengkapan-perlengkapan tambahan yaitu Ekstrikasi untuk mengangkat bangunan-bangunan yang runtuh,” tegasnya.

Sekadar diketahui, menurut BNPB, sampai pukul 11.00 WIB setidaknya delapan orang meninggal dunia dan sekitar 637 orang terluka di kabupaten Majene, Sulawesi Barat.

Korban kemungkinan bisa bertambah karena beberapa laporan menyebutkan adanya korbam yang masih terjebak di bawah reruntuhan gedung.

Adapun yang sudah mengungsi sekitar 15 ribu orang yang tersebar di beberapa desa.(faz/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 17 April 2024
28o
Kurs