Rabu, 24 April 2024

Berbagai Kegiatan Disiapkan Jelang Puncak Harlah ke-8 Unusa, Termasuk Vaksinasi

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Vaksinasi satu di antara giat jelang Harlah ke-8 Unusa yang diikuti masyarakat sekitar kampus. Foto: Humas Unusa

“Vaksin: Daulat Kesehatan dan Potensi Pengembangannya di Indonesia”, menjadi tema orasi ilmiah Indra Rudiansyah mahasiswa Universitas Oxford, ujar Prof. Achmad Jazidie Rektor Universits Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa), Rabu (11/8/2021). Ini terkait kegiatan  puncak Harlah ke-8 Unusa.

Dijelaskan Jazidie, sosok Indra tergabung dalam tim Jenner Institute pimpinan Profesor Sarah Gilbert yang sejak 20 Januari 2020, tim tersebut dan Oxford Vaccine Group bekerja sama menguji coba vaksin virus corona di Pusat Vaksin Oxford.

Bangsa ini tentu harus bangga ada putra terbaiknya yang bisa tergabung dalam tim untuk uji klinis vaksin Covid-19 meskipun bukan sebagai penelitian utama.

“Kami berharap dia bisa menceritrakan pengalamannya selama dalam tim tersebut dalam orasi ilmiahnya, ” tambah Jazidie.

Ditambahkan Jazadie, akan ada banyak kegiatan yang digelar terkait dengan Harlah ke-8, dari kegiatan yang bersifat akademik, hiburan, dan pengabdian pada masyarakat.

“Kami ingin tiap memperingati hari kelahiran dapat memberikan manfaat kepada masyarakat, karena keberadaan universitas ini memang harus memberikan makna kepada masyarakat, unusa tidak ingin menjadi menara gading,” kata Jazidie.

Satu diantara kegiatannya adalah giat vaksinasi yang diperuntukkan bukan hanya bagi warga kampus tapi juga masyarakat dan jejaring Unusa.

“Kami diberi kepercayaan Pemerintah untuk ikut serta memberikan vaksinasi kepada masyarakat. Tentu vaksinnya bukan dari Unusa, tapi vaksinatornya dari Unusa dan dua rumah sakit yang dimiliki oleh Yayasan Rumah Sakit Islam Surabaya (Yarsis) yang menaungi Unusa,” lanjut Jazidie.

Alhamdulillah, tambah Jazidie bahwa kegiatan vaksinasi pada Rabu (11/8/2021) berjalan lancar dan tertib sesuai rencana. Kegiatan ini akan dilanjutkan dengan pemberian vaksin kedua berikutnya sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

Jazidie menyebut selain giat vaksin, pada Harlah tahun ini Unusa juga akan memberi pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang membutuhkan dalam bentuk telemedicine.

“Kami sedang menyiapkan dokter dan perawat untuk memberi pelayanan ini selama kegiatan Harlah. Kegiatan lainnya seminar ilmiah internasional Surabaya International Health Conference (SIHC), Unusa bersholawat bersama Gus Ali dan beberapa kegiatan lainnya,” papar Jazidie.

Unusa, kata Jazidie juga telah mempersiapkan dan menerapkan pembelajaran berbasis merdeka belajar. Ini merupakan model pembelajaran daring yang sinkron dengan kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) tentang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di tengah Covid-19.

“Karena itu di tahun 2021 Unusa memperoleh banyak hibah program MBKM, seperti Hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka, Hibah Kerjasama Kurikulum dan Implementasi (KSKI MBKM), Hibah Inovasi Pembelajaran dan Teknologi Bantu (Teknologi Asistif) untuk mahasiswa berkebutuhan khusus di perguruan tinggi, dan berbagai hibah lainnya,” pungkas Jazidie.(tok/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
28o
Kurs