Sabtu, 20 April 2024

Minuman Herbal Anti Nyeri Karya Mahasiswa Unusa Lolos Program Wirausaha 2021

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Mihantu (minuman anti nyeri tubuh) karya mahasiswa Unusa Foto: Humas Unusa

Progam Wirausaha Mahasiswa Vokasi (PWMV) tahun 2021 yang digelar Direktorat Jendral Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek untuk mahasiswa Vokasi, loloskan Mihantu, satu diantara dua karya mahasiswa Unusa.

Dua judul karya yang lolos masing-masing; Mixed Mask (1 masker dengan 2 kegunaan), dan Mihantu (Minuman Herbal Anti Nyeri Tubuh).

Tim dari Mihantu (minuman herbal anti nyeri tubuh) terdiri dari Mei Rista Eka Wardani, Weny Mayrani dan Faisol ke tiganya merupakan mahasiswa dari Program studi (Prodi) D3 Keperawatan.

Mei Rista Eka Wardani satu diantara anggota Mihantu menjelaskan, produk ini merupakan minuman yang terbuat dari tanaman herbal yang dapat dinikmati oleh semua umur. Minuman herbal anti nyeri tubuh berbahan dasar rimpang rumput teki, temulawak, biji pala dan gula batu.

“Jadi minuman ini dari bahan herbal yang mudah didapat dan bisa dikonsumsi semua usia, efeknya bisa menghangatkan tubuh serta menyehatkan,” terang Riska sapaan Mei Riska Eka Wardani, Sabtu (29/5/2021).

Dipilihnya rimang rumput teki (Cyperus rotundus L.) karena mengandung flavonoid yang berpotensi untuk mengurangi rasa nyeri. “Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya efek analgetik dari ekstrak rumput teki,” papar Riska.

Sementara bahan temulawak (Curcuma zanthorrhiza) mengandung senyawa antiradang yang bisa menghambat produksi prostaglandin E2 yang memicu peradangan. Kandungan antiradang di dalamnya membantu mengatasi penyakit akibat peradangan di dalam tubuh seperti radang sendi.

Sedang biji pala (Myristica fragrans) mengandung banyak minyak atsiri esensial seperti myristicin, elemicin, eugenol dan safrole.

Menurut buku DK Healing Foods, bahwa minyak Atsiri (Pala) memiliki sifat antiinflamasi yang membuatnya berguna untuk mengobati nyeri sendi dan otot.

Dengan minuman ini, Riska dapat membantu masyarakat untuk menjaga kesehatan tubuhnya. “Terlebih mengatasi nyeri pada tubuh,” pungkas Riska.(tok/frh/iss)

Bagikan
Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
27o
Kurs