Jumat, 2 Desember 2022

Beri Rasa Aman Umat Rayakan Natal, Tiga Pilar Kecamatan Sawahan Pantau Gereja Widodaren

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Saat hadir di gereja Katolik St. Vincentius A Paulo memantau persiapan Misa Natal. Foto: Kecamatan Sawahan

Memberikan rasa aman pada umat yang akan melaksanakan misa Natal, Kamis (23/12/2021), jajaran tiga pilar Kecamatan Sawahan melakukan pemantauan dengan mengunjungi Gereja Katolik St. Vincentius A Paulo di Jl. Widodaren Surabaya.

“Kami datang ini untuk memastikan bahwa pelaksanaan ibadah Natal sudah sesuai dengan ketentuan dan aturan. Meskipun kondisi Surabaya saat ini sudah landai dan terkontrol, tapi bukan berarti kita abai dan tidak waspada, sehingga kami hadir untuk melihat kesiapan yang sudah dilaksanakan,” terang M. Yunus Camat Sawahan, Kamis.

Di gereja Katolik St. Vincentius A Paulo, lanjut Yunus pada misa Natal biasanya dihadiri sekurangnya 1.000 orang umat pada satu misa.

“Pengurus gereja menyampaikan bahwa pada satu misa Natal dihadiri sekitar 300 orang umat saja. Dijadwalkan akan ada 5 kali Misa,” kata Yunus.

Soal asesmen, Yunus menegaskan bahwa pihaknya memang sudah menerima surat tembusan dari BPBD Linmas sebagai Sekretaris Gugus Tugas.

“Hari ini kami pastikan seluruhnya sudah siap. Termasuk kami juga sudah menerima surat tembusan terkait asesmen dari BPBD Linmas,” pungkas Yunus.

Sementara itu, Romo Agustinus Sukaryono, Romo Paroki gereja Katolik Vincentius A Paulo menyampaikan umat di paroki jumlahnya memang cukup besar dibanding kapasitas gereja. Dan oleh karena itu, diterapkan ketentuan undangan bagi umat yang akan mengikuti misa Natal.

“Namun demikian tentunya, dilaksanakan secara bergiliran agar umat seluruhnya dapat mengikuti misa. Dengan sistem undangan justru juga membantu kami untuk mengetahui siapa saja yang hadir. Sekaligus dari sisi pengamanan dan ketertiban dengan sistem undangan jadi lebih tertib dan tertata,” papar Romo Agustinus.

Selain pelaksanaan misa Natal secara langsung di gereja dengan berbagai ketentuan atau aturan yang ketat, Gereja Katolik Vincentius A Paulo juga menggelar Misa online yang dapat diikuti oleh umat dari rumah dan tidak harus hadir ke gereja.

“Kami berharap pada pelaksanaan Misa Natal tahun ini dapat berjalan lancar. Tentunya kami berterima kasih pada pemerintah yang memberikan arahan terkait pelaksanaan Misa karena hal ini juga untuk kenyamanan umat,” tutup Romo Agustinus.(tok/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Muatan Truk Jatuh Menutup Lajur di Jalan Dupak

Menerjang Kemacetan di Jembatan Branjangan

Atap Teras Pendopo Gresik Roboh

Surabaya
Jumat, 2 Desember 2022
32o
Kurs