Kamis, 28 Maret 2024

Bertemu Gubernur Bengkulu, Fadel Muhammad Harap Bumi Rafflesia Jadi Poros Ekonomi Sumatera

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad Wakil Ketua MPR RI. Foto: Istimewa

Menutup rangkaian kunjungan kerjanya di Provinsi Bengkulu sejak tanggal 10-11 November, Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad Wakil Ketua MPR menghadiri acara “Ramah Tamah Jajaran Pemerintah Provinsi Bengkulu dan Stake Holder Bersama Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad”.

Kegiatan ini digelar di Gedung Balai Semarak, Bengkulu, Kamis (11/11/2021).

Turut hadir dalam acara itu Dr. H. Rohidin Mersyah Gubernur Bengkulu beserta jajaran pejabat Pemprov dan unsur Forkopimda serta Gusnan Mulyadi Bupati Bengkulu Selatan.

Dalam kesempatan itu, Fadel Muhammad membahas seputar Bengkulu.

Dia mengatakan, walaupun provinsi kecil, namun wilayah yang terkenal dengan sebutan ‘Bumi Rafflesia’ ini bisa menjadi poros ekonomi di Sumatera.

“Saya melihat ini setelah mengikuti acara panen raya jagung di Bengkulu Selatan. Potensi pertanian di sana bisa menjadi komoditas unggulan yang bisa dibanggakan secara nasional bahkan dunia,” katanya.

Untuk itu, Pimpinan MPR dari Kelompok DPD ini berpesan kepada Gubernur agar menjaga dan meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi jagung.

Lebih luas lagi, Gubernur mesti menggali lebih dalam potensi pertanian unggulan lainnya seperti padi, sawit, buah-buahan, sayuran dan lainnya agar Bengkulu tidak hanya mampu menjaga ketahanan pangannya, tapi juga berkontribusi aktif menjaga ketahanan pangan nasional.

“Jika kondisi itu terjadi, maka rakyat Bengkulu akan naik tingkat kesejahteraannya. Dampak lanjutannya sangat luar biasa, rakyat akan semakin percaya kepada pemimpin daerahnya, sehingga apa pun program Pemprov akan selalu didukung rakyat,” ujarnya.

Untuk mewujudkan semua itu, mantan Gubernur Gorontalo dua periode ini mengungkapkan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Pertama, pemprov mesti menjamin ketersediaan bibit, pupuk sampai membantu pemasaran. Kedua, pembangunan infrastruktur fisik seperti jalan tol, pelabuhan harus ditingkatkan.

“Info dari Gubernur, pengerjaan tol Bengkulu menjadi salah satu yang tercepat dalam pengerjaan tol provinsi di Indonesia. Itu bagus sekali. Seterusnya, harus digunakan semaksimal mungkin untuk menggenjot ekonomi daerah,” kata Fadel Muhammad.

Sementara itu Rohidin Mersyah Gubernur Bengkulu menyampaikan apresiasinya kepada Fadel Muhammad yang berkesempatan menyambangi Provinsi Bengkulu dalam agenda kunkernya sebagai pimpinan MPR RI.

“Bengkulu memang orientasinya pada pengembangan wilayah pesisir, hutan serta pengembangan sektor pertanian dan semua itu sedang kami upayakan semaksimal mungkin untuk kesejahteraan rakyat,” ujarnya.

“Dalam upaya itu, tentu kami butuh dukungan semua pihak. Khusus untuk dukungan yang diberikan Fadel Muhammad sangat kami hargai. Sebab, walaupun beliau bukan berasal dari daerah Bengkulu, namun beliau sangat memberikan perhatiannya kepada pengembangan Bengkulu,” kata Rohidin. (rid/wld/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
31o
Kurs