Sabtu, 27 April 2024

BMKG Jelaskan Fenomena Awan Merah Disertai Kilat di Malang

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Penampakan fenomena awan CB dan kilat di langit kemerahan diambil dari Kantor Stasiun Geofisika Tretes, Senin (13/12/2021).

Beredar di masyarakat Jawa Timur, foto dan video awan kemerahan membubung tinggi yang sesekali muncul kilatan cahaya di bagian tengahnya.

Penampakan ini terekam di Kabupaten Malang, Senin (13/12/2021). Isu yang beredar, peristiwa itu adalah aktivitas Gunung Welirang.

Ada juga yang menyebut itu adalah kilat di wilayah Sidoarjo yang terlihat sampai Kota Batu.

Teguh Tri Susanto Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Juanda mengatakan, kejadian itu adalah fenomena awan yang terlihat berwarna merah dan merupakan hal yang biasa terjadi.

“Hal itu merupakan salah satu contoh fenomena optik atmosfer. Warna kemerahan pada awan dan langit di sekitarnya karena ada pembiasan cahaya matahari oleh partikel-partikel di atmosfer sehingga menghasilkan energi yang rendah, gelombang panjang, dan memunculkan warna kemerahan,” ujarnya melalui pesan teks.

Teguh menambahkan, semakin rendah posisi matahari dari garis cakrawala, maka semakin rendah pula cahaya merah yang dicapai.

Fenomena langit kemerahan ini biasanya memang terjadi pada sore menjelang malam hari.

Pada sore menjelang malam teramati dari radar BMKG Juanda terpantau banyak pertumbuhan awan Cumulonimbus di sekitar lokasi pada video.

Awan Cumulonimbus adalah satu-satunya jenis awan yang bisa menghasilkan petir. Sambaran kilat dari awan ini menambah cahaya kemerahan dari langit itu.

“Kami berharap masyarakat agar tidak panik. Tetap selalu memantau dan mencari informasi yang valid sehingga terhindar dari isu-isu yang tidak bertanggung jawab,” kata Teguh.(iss/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
30o
Kurs