Jumat, 26 April 2024

BMKG Juanda: Jatim Masih Berpotensi Hujan Disertai Angin Kencang Sesaat

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Ilustrasi: Grafis suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memprakirakan hari ini, Senin (18/1/2021), Jawa Timur masih berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada siang dan malam hari. Termasuk wilayah Surabaya.

“Untuk Surabaya masih berpeluang hujan ringan hingga sedang, dengan suhu rata-rata 25-33 derajat celcius, kelembapan udara 65- 95 %, dan angin dari barat dengan kecepatan 5-30 km per jam,” kata Arif petugas BMKG Juanda, saat mengudara di Radio Suara Surabaya.

Begitu juga dengan angin kencang yang sifatnya sesaat, kata Arif, masih berpeluang terjadi di wilayah Jatim termasuk Surabaya.

“Angin kencang sesaat masih berpeluang selama ada pertumbuhan awan cumulonimbus,” tambahnya.

Secara umum, lanjut dia, wilayah Jatim saat ini masih kondusif dan diprakirakan cerah sampai berawan.

“Kalau Jember yang terdampak banjir, juga masih berpeluang terjadinya hujan ringan sampai sedang disertai petir, terjadi pada pagi, siang, sore dan malam. Dengan suhu rata-rata 22-31 derajat celcius dan kelembapan udara 70- 100 %, angin dari barat dengan kecepatan 5-30 km per jam,” jelasnya.

Pihaknya mengimbau agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan terkait perubahan cuaca tersebut.

“Hindari papan reklame, pohon yang berpotensi tumbang, serta untuk yang sedang dalam perjalanan ketika jarak pandangnya terbatas segera menepi ke tempat yang aman. Tingkatkan kewaspadaan terhadap perubahan cuaca yang bisa terjadi sewaktu-waktu,” ungkapnya. (ang/lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs