Senin, 1 Maret 2021

BMKG Juanda: Jatim Masih Berpotensi Hujan Disertai Angin Kencang Sesaat

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Ilustrasi: Grafis suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memprakirakan hari ini, Senin (18/1/2021), Jawa Timur masih berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada siang dan malam hari. Termasuk wilayah Surabaya.

“Untuk Surabaya masih berpeluang hujan ringan hingga sedang, dengan suhu rata-rata 25-33 derajat celcius, kelembapan udara 65- 95 %, dan angin dari barat dengan kecepatan 5-30 km per jam,” kata Arif petugas BMKG Juanda, saat mengudara di Radio Suara Surabaya.

Begitu juga dengan angin kencang yang sifatnya sesaat, kata Arif, masih berpeluang terjadi di wilayah Jatim termasuk Surabaya.

“Angin kencang sesaat masih berpeluang selama ada pertumbuhan awan cumulonimbus,” tambahnya.

Secara umum, lanjut dia, wilayah Jatim saat ini masih kondusif dan diprakirakan cerah sampai berawan.

“Kalau Jember yang terdampak banjir, juga masih berpeluang terjadinya hujan ringan sampai sedang disertai petir, terjadi pada pagi, siang, sore dan malam. Dengan suhu rata-rata 22-31 derajat celcius dan kelembapan udara 70- 100 %, angin dari barat dengan kecepatan 5-30 km per jam,” jelasnya.

Pihaknya mengimbau agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan terkait perubahan cuaca tersebut.

“Hindari papan reklame, pohon yang berpotensi tumbang, serta untuk yang sedang dalam perjalanan ketika jarak pandangnya terbatas segera menepi ke tempat yang aman. Tingkatkan kewaspadaan terhadap perubahan cuaca yang bisa terjadi sewaktu-waktu,” ungkapnya. (ang/lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Rumah di Wonosari Surabaya

Truk Tabrak Warung di Sidoarjo

Truk Terguling di Prigen

Terguling dan Muatannya Tumpah

Surabaya
Senin, 1 Maret 2021
25o
Kurs