Senin, 15 Agustus 2022

Bupati Ngawi: Sumbangsih Riil Pemuda Masa Kini adalah Kesehatan Jiwa Raga

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ony Anwar Harsono Bupati Ngawi. Foto: Wikipedia

Ony Anwar Harsono Bupati Ngawi mengatakan sumbangsih paling riil yang bisa dilakukan pemuda sekarang yaitu menyiapkan kesehatan jiwa dan raganya.

“Kontribusi tidak hanya lewat materi, tapi ukurannya adalah peran mereka untuk orang lain. Banyak hal yang bisa dilakukan. Mulai dari olahraga sampai menjauhi narkoba. Kalau jiwa dan raganya sehat, maka apa pun bisa dicapai,” ujarnya saat mengudara di Radio Suara Surabaya, Selasa (26/10/2021).

Jelang Hari Sumpah Pemuda, Bupati Ony menyoroti masih adanya generasi muda yang menggunakan media sosial dengan kurang bijaksana. Menurutnya, anak muda memerlukan kesiapan mental agar tidak terpengaruh pergaulan bebas di media sosial. Sebab, kecanggihan teknologi memiliki banyak manfaat positif. Contohnya banyaknya peluang kontribusi yang bisa dihasilkan.

Dalam pergaulan, generasi muda juga perlu diawasi agar terhindar dari narkoba. Untuk itu Pemkab Ngawi merekrut pemuda-pemuda untuk diberikan wawasan tentang bahaya narkoba. Mereka juga didorong untuk melakukan kegiatan-kegiatan positif di bidang literasi digital. Seperti membuat film pendek dan konten kreatif. “Anak muda lebih canggih daripada orang tua. Kita kembangkan bakat mereka lewat Karang Taruna dan Pramuka,” kata Bupati Ony.

Bupati Ony melihat banyak sekali pemuda di Ngawi yang ingin menjadi mediator produk-produk pangan ke pasar lewat aplikasi. Dampaknya, mata rantai kebuntuan hubungan antara petani dan konsumen sekarang bisa diputus. Petani banyak terbantu digitalisasi yang dilakukan anak-anak muda. “Dalam lima tahun terakhir sudah banyak anak-anak muda yang terjun ke dunia pertanian dan pangan. Mereka sadar bahwa pertanian dan pangan sangat strategis,” ujarnya.

Terkait pembentukan karakter pemuda, Bupati Ony yakin ideologi Pancasila masih luar biasa, dapat membentuk karakter bangsa.(iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Langir Sore di Grand Pakuwon

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Surabaya
Senin, 15 Agustus 2022
27o
Kurs