Sabtu, 23 Oktober 2021

Bus AKDP dan AKAP Beroperasi Kembali di Terminal Purabaya

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Thermo scanner pantau suhu tubuh masyarakat yang melintas lewat lobby terminal Purabaya. Foto: Totok/dok. suarasurabaya.net

Setelah pengetatan dan pelarangan mudik Lebaran 2021, aktivitas Terminal Purabaya Surabaya di Bungurasih Sidoarjo, Rabu (19/5/2021) kembali menggeliat. Puluhan armada bus AKDP dan AKAP berjajar di jalur keberangkatan terminal menunggu calon penumpang.

Imam Hidayat Kasubnit Terminal Purabaya Surabaya menyampaikan bahwa setelah dilakukan pengetanan dan pelarangan mudik Lebaran 2021 yang berdampak pada sepinya operasionalisasi terminal, saat ini terminal kembali beraktivitas. Puluhan armada bus bersiap di jalur keberangkatan menuju ke berbagai jurusan.

“Kemarin saat pengetatan memang sepi. Karena armada bus tidak ada yang beroperasional. Armada bus memilih tidak beroperasional karena faktanya memang jumlah calon penumpang terus menurun dan jumlahnya minim sekali. Armada bus mungkin memilih mengandangkan saja armadanya, daripada harus mengeluarkan biaya operasional yang besar,” terang Imam Hidayat.

Jika pada hari biasa, di masa pandemi tercatat lebih dari 100 armada bus yang keluar masuk terminal, maka saat pengetatan dan larangan mudik Lebaran, jumlah armada bus turun drastis. “Bahkan terminal memang sepi. Seperti tidak ada aktivitas. Tidak ada bus, tidak ada penumpang. Tapi sebenarnya kami tetap buka. Terminal tetap buka,” kata Imam Hidayat.

Dilakukannya kembali pengetatan mulai Selasa (18/5/2021) sampai dengan 24 Mei 2021, lanjut Imam, terminal Purabaya tetap beroperasional dan tidak tutup. Armada bus antar kota dalam provinsi (AKDP) maupun bus antara kota antar provinsi (AKAP) sudah mulai hadir di jalur keberangkatan. Bahkan deretan bus itu tidak perlu waktu lama untuk antre.

“Setelah beberapa saat antre di jalur keberangkatan, armada bus langsung berangkat. Penumpang sesuai kapasitas di masa pandemi memang mengalami pengurangan. Bahkan sampai 50 persen dari seluruh total kapasitas penumpang. Tapi calon penumpang juga memang mulai berdatangan untuk bepergian ke luar kota, jumlahnya lumayan banyak,” kata Imam.

Sementara itu, untuk persyaratan melakukan perjalanan dengan menggunakan armada bus, Imam menegaskan bahwa calon penumpang tetap wajib membawa surat keterangan sehat dan wajib mematuhi protokol kesehatan. “Mulai dari pakai masker, sampai dengan kelengkapansurat keterangan sehat memang tetap diberlakukan bagi calon penumpang,” ujar Imam.

Pemeriksaan suhu tubuh juga tetap menjadi bagian dari protokol kesehatan ketat yang diterapkan bagi calon penumpang atau masyarakat yang berada di lingkungan Terminal Purabaya Surabaya di Bungurasih Sidoarjo. Mereka yang masuk melalui lobby terminal langsung diperiksa suhu tubuhnya lewat layar monitor.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Muat BBM Terbakar di Tol Pandaan

Truk Terguling di Lawang Malang

Truk Terguling Menimpa Taksi di Medaeng

Surabaya
Sabtu, 23 Oktober 2021
29o
Kurs