Sabtu, 20 April 2024

CFD Jalan Kertajaya Dibuka Kembali, Kuota Maksimal 300 Orang

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Lalu lintas di Jalan Kertajaya, Kota Surabaya terpantau lengang pada hari pertama Lebaran, Minggu (24/5/2020) pagi. Foto : Dokumen suarasurabaya.net

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya membuka kembali pelaksanaan Car Free Day (CFD) di Jalan Kertajaya mulai Minggu (19/12/2021) setelah sempat tutup lama akibat pandemi Covid-19.

Suharto Wardoyo Kepala DLH Kota Surabaya mengatakan, pembukaan CFD di Jalan Kertajaya mulai pukul 06.00 hingga 09.00 WIB, dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) ketat.

“Ada pembatasan, maksimal 300 orang. Di setiap titik pintu masuk dan keluar akan dipasang scan QR Code PeduliLindungi,” kata Suharto, Jumat (17/12/2021).

Baca juga: Cegah COVID-19, Pemkot Surabaya Tiadakan Sementara CFD

Menurut dia, penerapan itu, disesuaikan dengan Peraturan Wali Kota (Perwali) Surabaya Nomor 67 Tahun 2020 tentang Penerapan Prokes dalam Rangka Pencegahan dan Memutus Mata Rantai Penyebaran Covid-19 di Surabaya.

Perwali tersebut, lanjut dia, bukan hanya berlaku bagi pengunjung, tetapi juga untuk para pedagang kaki lima (PKL). Selama CFD berlangsung, PKL dilarang berjualan di area Jalan Kertajaya untuk menghindari terjadinya kerumunan di area tersebut.

Untuk mendukung hal itu, Suharto menyebutkan Pemkot Surabaya juga akan melakukan penutupan Jalan Kertajaya saat pelaksanaan CFD, di antaranya mulai dari perempatan Jalan Kertajaya-Jalan Dharmawangsa hingga ke arah timur menuju ke perempatan Jalan Kertajaya-Jalan Menur.

“Karena CFD khusus untuk masyarakat yang akan berolahraga. Sedangkan pedagang dilarang masuk, tidak boleh untuk berjualan, khusus olahraga,” kata Anang, melansir dari Antara.

Baca juga: CFD Kembang Jepun Dibuka Kembali November, Pengunjung Dibatasi 200 Orang

Setiap pengunjung yang datang ke area CFD, diwajibkan sudah mengikuti vaksinasi dosis lengkap. “Pasti, sebelum masuk area CFD akan dicek suhu tubuhnya dan diminta untuk cuci tangan. Di titik-titik strategis akan kami sediakan juga wastafel dan hand sanitizer,” katanya.

Selain itu, kata dia, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya juga akan mendirikan posko kesehatan di lokasi selama CFD berlangsung. Upaya ini dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang berolahraga di CFD Jalan Kertajaya.(ant/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
27o
Kurs