Jumat, 19 April 2024

Dapat Bantuan Genose, Pemkot Surabaya Akan Keliling Mengetes Warga

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Eri Cahyadi Wali kota Surabaya menerima bantuan dari, PT Yekape berupa satu unit mesin Genose, 1500 HME filter dan 20 ribu kantong nafas. Jumat (21/5/2021). Foto : Humas Pemkot

Pemerintah Kota Surabaya menerima bantuan dari PT Yekape berupa seperangkat alat pendeteksi virus korona bernama Gadjah Mada Electronic Nose (Genose) Covid-19.

GeNose adalah alat deteksi Covid-19 yang bekerja dengan mendeteksi volatile organic compound (VOC). Pasien cukup mengembuskan napasnya ke kantung khusus dan dalam hitungan menit hasilnya langsung keluar.

Eri Cahyadi Wali kota Surabaya menerima bantuan itu di halaman balai kota, Jumat (21/5/2021). Dalam kesempatan itu, PT Yekape menyerahkan satu unit mesin Genose, 1500 HME filter, dan 20 ribu pcs kantong nafas.

Eri Cahyadi mengatakan, alat canggih ini dinilai sangat membantu mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 pasca libur lebaran di Kota Pahlawan.

Sebab, kata Eri, GeNose tidak butuh waktu lama untuk mengetahui apakah pasien terpapar Covid-19 atau tidak. Selain itu, alat canggih yang dibuat oleh para ahli dari Universitas Gajah Mada (UGM) itu akan dibawa keliling oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk digunakan di berbagai fasilitas publik.

“Jadi petugas Dinkes fokus alat itu dibawa keliling ke tempat publik. Kita lakukan tesnya secara acak seperti pasar, terminal, dan tempat lain yang terjadi interaksi antarwarga,” kata Eri.

Dia memastikan, tim Dinkes akan menunggu instruktur atau tenaga ahli dari UGM datang untuk memberi pelatihan. Hal tersebut penting dilakukan sebab, menurutnya alat GeNose dinilai cukup sensitif.

“Jadi jangan sampai keliru karena nanti hasilnya tidak sesuai. Kita tunggu perkiraan minggu depan tim ahli akan datang. Setelah itu petugas kami akan berkeliling memanfaatkan alat tersebut,” ujarnya.

Dengan adanya Genose, Eri memastikan, akan semakin banyak warga yang mendapatkan testing. Menurut dia, bila semakin banyak warga yang dites maka semakin cepat diketahui kondisi warga termasuk penanganannya.

“Kami berharap semakin mempercepat pula Surabaya menjadi zona hijau dan virus corona lekas hilang dari Surabaya,” jelasnya.

Hermien Roosita Direktur PT Yekape, menjelaskan, pihaknya sengaja memberikan bantuan Genose kepada Pemkot Surabaya dengan tujuan semakin mempercepat hasil, maka semakin cepat pula penanganannya.

“Seperti yang disampaikan Pak Wali Kota, kita harus sama-sama berharap agar alat ini dapat membantu warga semuanya. Supaya kita segera terbebas dari pandemi Covid-19,” katanya (man/den).

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
30o
Kurs