Sabtu, 27 April 2024

Demo Buruh Bubar, Pasukan Kebersihan Kerja Keras

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Petugas kebersihan membersihkan Jalan Gubernur Suryo selepas massa aksi buruh bubar, Senin (29/11/2021). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Usai buruh peserta unjuk rasa meninggalkan titik pusat aksi pada Senin (29/11/2021) pukul 17.30 WIB, petugas kebersihan Kota Surabaya langsung membersihkan depan Gedung Negara Grahadi di Jalan Gubernur Suryo.

Serikat buruh dari berbagai kelompok berunjuk rasa untuk menolak upah minimum yang ditetapkan oleh gubernur dengan kenaikan Rp22.500.

Banyaknya buruh yang bergabung dari berbagai wilayah ini meninggalkan jejak sampah yang tidak sedikit pula.

Mayoritas sampah dari massa aksi adalah botol air mineral dan bungkus plastik yang tercecer di Jalanan Gubernur Suryo. Petugas kebersihan sudah berada di lokasi sejak sore hari langsung bersiap membersihkan sampah.

Petugas kebersihan membersihkan Jalan Gubernur Suryo selepas massa aksi buruh bubar, Senin (29/11/2021). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Aksi buruh yang menolak keputusan kenaikan besaran dari Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur ini akan berlangsung hingga Selasa (30/11/2021).

Sekaligus menjadi agenda penentu penetapan upah buruh 2022 oleh Gubernur Jawa Timur yang telah diserahkan oleh Dewan Pengupah (Disnaker Jatim).

Tidak menutup kemungkinan gelombang massa aksi buruh bakal lebih banyak dari hari ini sekaligus peningkatan volume sampah daripada hari ini, karena akhir bulan November atau Selasa besok menjadi penetapan nilai upah bagi para buruh. (wld/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
27o
Kurs