Jumat, 29 Maret 2024

Disparta Selidiki Perusakan Cagar Budaya Penjara Kalisosok

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Berwarna-warni kini tembok luar penjara Kalisosok, yang dulu dikenal "angker" itu. Foto: Dokumentasi/ Totok suarasurabaya.net)

Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Surabaya menyelidiki perusakan bangunan cagar budaya Penjara Kalisosok, Kota Surabaya, Jawa Timur, oleh orang yang tidak bertanggung jawab dengan cara menjebol tembok bangunan.

Herry Purwadi Kepala Seksi Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Surabaya, Sabtu (13/3/2021), mengatakan setelah mendapat laporan dari warga, pihaknya langsung melihat langsung kondisi Penjara Kalisosok kemarin Jumat (12/3/2021).

“Ada tembok penjara yang dijebol dan kami melihat memang ada bangunan petak-petak yang sedang dalam proses pembangunan di dalam Penjara Kalisosok. Ini yang sedang kami selidiki dan mencari pemilik bangunan untuk mengetahui, bangunan tersebut digunakan untuk apa,” katanya.

Menurut dia, secara aturan pemanfaatan bangunan cagar budaya Penjara Kalisosok memang diperbolehkan, sedangkan yang dilarang adalah merusak. “Sejauh ini kami hanya mendapatkan laporan saja bahwa ada tembok Penjara Kalisosok yang dijebol,” ujarnya seperti dilansir Antara.

Ia menjelaskan, untuk mengetahui lebih dalam siapa pelaku perusakan tembok Penjara Kalisosok, pihaknya tengah berkoordinasi dengan pihak kelurahan dan pemilik bangunan.

“Sejauh ini kita masih konfirmasi ke pemiliknya, apakah tembok Penjara Kalisosok itu sengaja dirusak untuk mendirikan bangunan, atau memang sudah rusak sebelumnya? ini yang sedang kita cari tahu,” katanya.

Herry mengatakan Penjara Kalisosok ini merupakan bangunan cagar budaya tipe A. Itu artinya tidak boleh sama sekali ada pembongkaran terhadap bangunan tersebut.

Saat ditanya apakah Pemkot Surabaya akan memroses secara hukum, ia mengatakan pihaknya akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan Tim Ahli Cagar Budaya di Pemkot Surabaya.

“Jadi ada tiga tahap dalam persoalan ini yaitu, survei, penyelidikan, dan pemanggilan pemilik bangunan yang ada di area dalam Penjara Kalisosok,” demikian Herry Purwadi.(ant/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs