Jumat, 29 Maret 2024

DPR Minta Asrama Haji Bisa Difungsikan Jadi Tempat Perawatan Penderita Covid-19

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Sufmi Dasco Ahmad Wakil Ketua DPR RI Foto: Istimewa

Angka pasien Covid 19 kembali meningkat di Indonesia, terutama di Jakarta dan sekitarnya. Sejumlah rumah sakit dan tempat isolasi seperti Wisma Atlet Kemayoran mengalami lonjakan pasien dan terancam tidak menampung. Hal ini bisa berdampak pasien tidak cepat tertangani.

Menyikapi hal tersebut, Sufmi Dasco Ahmad Wakil Ketua DPR RI meminta kepada pemerintah untuk menjadikan Asrama Haji Pondok Gede dialihfungsikan menjadi tempat isolasi dan perawatan pasien Covid-19 untuk sementara waktu. Hal ini sebagai antisipasi agar pasien Covid-19 tetap dapat ditangani.

“Saya minta kepada pemerintah agar Asrama Haji Pondok Gede dipersiapkan untuk menampung pasien Covid-19 yang tidak tertangani di rumah sakit. Mengingat tahun ini tidak ada kegiatan ibadah haji, jadi sebaiknya dimanfaatkan untuk hal lain,” ujar Dasco, Senin (21/6/2021).

Dalam pengelolaannya, lanjut Dasco, Asrama Haji nantinya dikoordinir langsung oleh pemerintah melalui Kementerian Agama dan Rumah Sakit Haji.

“Sehingga untuk koordinasi dengan pemerintah pusat pun tetap mudah dan berjalan dengan baik,” ujar Dasco yang juga menjabat Koordinator Satgas Lawan Covid-19 DPR ini.

Sebelumnya, pemerintah berencana menambah tempat isolasi bila Wisma Atlet Kemayoran dan sejumlah rumah sakit tidak lagi mampu menangani pasien Covid 19. Dan Asrama Haji Pondok Gede dinilai Dasco dapat menjadi solusi.

“Ibadah haji dan ikhtiar menyembuhkan nyawa manusia adalah sama-sama ibadah. Dan agama juga membolehkan alih fungsi untuk sesuatu yang darurat dan bermanfaat,” jelas Dasco.(faz/tin/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
29o
Kurs