Jumat, 26 April 2024

Ketua MPR Minta Pemerintah Penuhi Kebutuhan Tes dan Lacak Penyebab Kasus Covid-19

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Ilustrasi. Test PCR. Foto: Tina suarasurabaya.net

Bambang Soesatyo (Bamsoet) Ketua MPR RI meminta pemerintah memenuhi kebutuhan tes dan melacak penyebab kasus Covid-19, serta memperbaiki pola dan cakupan testing-tracing di seluruh daerah, sesuai standar WHO.

Kata Bamsoet, dengan adanya testing dan tracing lebih baik, dia harap pemerintah bisa mengetahui beban yang ada di suatu daerah serta bisa mempersiapkan penanganan secara lebih baik.

“Mengingat, menurut laporan WHO per 16 Juni 2021, mayoritas provinsi di Indonesia belum memenuhi syarat tes minimal,” ujar Bamsoet dalam keterangannya, Jumat (18/6/2021).

Pernyataan Bamsoet menyikapi adanya keterbatasan tes dan lacak yang menyebabkan kasus Covid-19 di Indonesia seperti puncak gunung es yang membesar karena penularan terus terjadi.

Dia juga meminta pemerintah lebih dulu melakukan pemetaan kondisi perkembangan dan penularan di suatu daerah, sehingga pelaksanaan testing dan tracing, baik dari sisi pola maupun cakupan mengacu zona persebaran Covid-19 di suatu daerah itu.

“Perlu komitmen dan keseriusan dari pemerintah untuk terus melakukan pemeriksaan (testing) secara masif agar pelacakan kasus serta penanganan kasus dapat dilakukan dengan lebih baik lagi,” ujarnya.

Kata Bamsoet, pemerintah juga harus terus mendorong masyarakat agar meningkatkan kesadaran dalam penerapan protokol kesehatan, di samping terus berupaya mempercepat program vaksinasi Covid-19 di Indonesia.(faz/dfn/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs