Sabtu, 27 April 2024

DPR : Pemerintah Harus Jadi Teladan, Kalau Tidak Ingin Masyarakat Masa Bodoh terhadap Prokes

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Netty Prasetyani anggota Komisi IX DPR RI. Foto : Antara

Netty Prasetyani anggota Komisi IX DPR RI mengingatkan agar semua pihak tetap menjalankan protokol kesehatan dan tidak memicu kerumunan. Menurut Netty, hal ini penting dilakukan karena Indonesia masih berada dalam zona bahaya Covid-19.

“Saat ini jumlah kasus masih tinggi dan belum ada tanda-tanda penurunan. Bisa jadi prediksi Kementerian Kesehatan bahwa kasus Covid-19 pada akhir 2021 mencapai 1,7 juta akan terlampaui,” ujar Netty dalam keterangannya, Senin (1/3/2021).

Kata Netty, melawan pandemi Covid-19 harus dengan menghimpun segenap daya, upaya dan energi bangsa Indonesia.

“Pejabat pemerintah, tokoh masyarakat, influencer dari berbagai kalangan harus menjadi penggerak dan teladan di masyarakat dalam melawan pandemi. Rakyat harus dihimpun dan digerakkan dengan leadership dan keteladanan. Jika pejabat pemerintah tidak menunjukkan keteladanan maka jangan salahkan rakyat jika tidak taat protokol kesehatan dan bersikap masa bodoh,” tegasnya.

Netty meminta agar pejabat pemerintah dapat memastikan langkah antisipatif setiap kali membuat kegiatan agar tidak memicu terjadinya spontanitas kerumunan rakyat.

“Jika kegiatannya membagi-bagi atau melempar barang tentu saja rakyat yang memang sedang kesulitan ekonomi akan berbuat untuk mendapatkannya. Sebaiknya dipikirkan bentuk kegiatan lain yang lebih humanis, kreatif, dan mendidik sehingga protokol kesehatan terjaga rakyat pun aman,” kata Netty.

Menurut Netty, meskipun Indonesia sedang menjalankan proses vaksinasi, bukan berarti sudah bebas Covid-19. Dia mengingatkan untuk tidak menganggap remeh pandemi ini dan selalu menerapkan protokol kesehatan di mana saja.

“Jangan anggap remeh penyakit ini. Kebijakan 3T (Tracing, Testing dan Treatment) harus ditingkatkan lebih masif lagi. Gerakan 3M (menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak) harus semakin ketat. Pemerintah memiliki tanggung jawab untuk memastikan keamanan dan kesehatan rakyat. Oleh karena itu berikanlah contoh yang baik agar bisa menjadi teladan di tengah masyarakat dan bukan sekadar jargon saja,” pungkas Netty.(faz/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
29o
Kurs