Kamis, 25 April 2024

Dua Jalur KA Terdampak Banjir Antara Stasiun Kedunggedeh-Lemah Abang Selesai Diperbaiki

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Dua jalur kereta api diantara stasiun Kedunggedeh-Lemah Abang sudah bisa dipakai semua. Foto : istimewa

Eva Chairunisa Kahumas Daop 1 Jakarta mengatakan, upaya perbaikan jalur Kereta Api (KA) yang dilakukan PT KAI Daop 1 Jakarta untuk menormalkan kembali dua jalur terdampak banjir di antara Stasiun Kedunggedeh – Lemah Abang Km 55 +100 sampai dengan Km 53+600 telah selesai dilakukan.

Sebelumnya, kata Eva, perbaikan untuk dapat mengoperasikan kembali perjalanan KA menggunakan satu jalur selesai pada Selasa siang, dengan selesainya perbaikan kedua jalur tersebut pada Kamis (25/2/2021), maka KA yang melintas tidak lagi bergantian.

“Seluruh pemberangkatan KA dari Stasiun Gambir maupun Stasiun Pasar Senen berjalan tepat sesuai jadwal,” ujar Eva dalam keterangannya, Kamis (25/2/2021).

Adapun untuk mendukung proses percepatan perbaikan agar menormalkan kembali jalur KA dampak banjir lintas Stasiun Kedunggedeh – Lemah Abang, kata dia, PT KAI Daop 1 Jakarta mengerahkan sekitar 200 pekerja untuk proses pemulihan.

Selain itu juga diturunkan beberapa alat berat milik PT KAI untuk mendukung proses percepatan penanganan yang terdiri dari 2 unit Multi Tie Tamper (MTT), 2 unit Profile Balast Regulator (PBR), 1 unit TG/Excavator Jalan Rel dan 1 unit excavator mini.

“Sementara untuk material batu balas yang digunakan dalam perbaikan tersebut berkisar lebih dari 1000 m³,” jelasnya.

Eva menjelaskan, saat ini secara total terdapat 15 keberangkatan KA dari Daop 1 Jakarta, 8 KA keberangkatan dari Stasiun Gambir dan 7 KA keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen.

Kata dia, bagi calon penumpang KA perlu memperhatikan persyaratan untuk melakukan perjalanan KA Jarak Jauh (KAJJ) yaitu calon penumpang diwajibkan menunjukkan surat keterangan negatif GeNose C19 atau Rapid Test Antigen atau RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3×24 jam sebelum jam keberangkatan. Khusus untuk keberangkatan selama libur panjang atau libur keagamaan, sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1×24 jam sebelum jam keberangkatan.

Selain itu, calon penumpang harus dalam kondisi sehat (tidak menderita flu, pilek, batuk, demam), suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius, menggunakan masker dan mengenakan pelindung wajah (faceshield) yang disediakan oleh KAI, Mengikuti ketentuan penjagaan jarak fisik selama di stasiun dan di dalam rangkaian KA. Serta diimbau untuk menggunakan pakaian lengan panjang atau jaket, selalu rutin membersihkan tangan dengan air dan sabun atau cairan antiseptik.(faz/dfn/lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs