Senin, 29 April 2024

Dua Kasus Tambahan Varian Omicron di Indonesia Berasal dari Pelaku Perjalanan Asal London

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Ilustrasi. Virus Conora Varian Omicron. Grafis: Gana suarasurabaya.net

Kasus infeksi Covid-19 varian Omicron di Indonesia bertambah dua orang lagi. Dengan begitu, sampai sekarang yang terkonfirmasi positif tertular Virus B.1.1.529 ada lima kasus.

Siti Nadia Tarmidzi Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan mengatakan, dua kasus baru itu adalah pelaku perjalanan dari London, Inggris.

Kepastian status terinfeksi Omicron tersebut berdasarkan hasil pemeriksaan Whole Genome Sequencing, yang keluar hari Senin (20/12/2021).

Baca juga: Tiga Warga Negara China di Manado Negatif Omicron

Dokter Nadia menjelaskan, dua orang yang positif Omicron termasuk dari 11 orang yang berstatus kemungkinan/probable merujuk hasil pemeriksaan S-Gene Target Failure (SGTF), yang keluar hari Minggu (19/12/2021).

Sekarang, kedua orang yang terinfeksi Omicron menjalani karantina di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta.

“Saat ini sudah ada tambahan kasus lagi dari 11 kasus probable ada dua kasus terkonfirmasi positif. Saat ini mereka sedang menjalani karantina di Wisma Atlet, Jakarta,” ujarnya di Jakarta, Rabu (22/12/2021).

Untuk mencegah penyebaran Covid-19, Siti Nadia bilang, pemerintah memperketat pintu masuk negara, terutama di perbatasan laut, dan darat.

Baca juga: Kemenkes Menemukan 11 Orang Lagi yang Kemungkinan Terinfeksi Varian Omicron di Indonesia

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, positivity rate di pintu masuk laut dan darat lebih tinggi 10 kali lipat dibandingkan pintu masuk transportasi udara.

Lebih lanjut, Dokter Nadia mengimbau masyarakat mengurangi mobilitas, dan tetap disiplin protokol kesehatan.

Sebelumnya, Rabu (15/12/2021), Budi Gunadi Sadikin Menteri Kesehatan menyampaikan informasi satu kasus positif Covid-19 Varian Omicron di Indonesia.

Pasien pertama yang terkonfirmasi positif Omicron adalah seorang petugas kebersihan di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta.

Selanjutnya, Sabtu (18/12/2021), ada dua orang lagi yang terkonfirmasi positif Varian Omicron, dengan riwayat perjalanan dari Amerika Selatan dan Inggris.(rid/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
32o
Kurs