Jumat, 26 April 2024

Dua Petinggi Unifil Patroli Bersama KRI Sultan Iskandar Muda

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Dua petinggi Unifil turun dari helikopter diatas KRI Sultan Iskandar Muda ikuti patroli bersama. Foto: Dispen TNI AL

Dua petinggi Unifil yakni Brigadier General Hubert Gomart Unifil Chief of Staff (COS), dan Commander Rear Admiral Axel Schulz Maritime Task Force (MTF) terjun langsung patroli bersama KRI Sultan Iskandar Muda-367 (SIM-367).

Keduanya juga berkesempatan memantau Area of Maritime Operation (AMO) dari udara dengan menggunakan helikopter AS 565 MBE Panther milik Indonesia di Laut Mediterania.

“Peningkatan eskalasi politik dan ekonomi yang berkepanjangan, serta dampak dari pandemi Covid-19 di Lebanon adalah alasan keduanya untuk mengunjungi sekaligus ikut patroli bersama KRI SIM-367. Untuk mengetahui kesiapsiagaan dan kemampuan kami jika situasi Lebanon semakin memburuk,“ kata Letkol Laut (P) Abdul Haris Komandan KRI SIM-367 sekaligus Komandan Satgas MTF TNI Konga XXVIII-M/Unifil.

“Suatu kebanggaan bagi Indonesia, khususnya Tentara Nasional Indonesia (TNI), mendapat kepercayaan membawa dua pejabat penting Unifil dari negara Perancis dan Jerman untuk melaksanakan patroli bersama,“ kata Abdul Haris.

Sementara itu kegiatan patroli dimulai dengan briefing singkat tentang kesiapsiagaan dan kemampuan KRI SIM-367 dari Satuan Kapal Eskorta Koarmada II, serta penyampaian assessment terhadap situasi terkini dan rencana kontijensi yang disiapkan jika situasi Lebanon semakin memburuk.

Brigadier General Hubert Gomart terlihat begitu antusias saat melihat aktifitas awak KRI SIM-367 yang sedang bergiat di Machinery Control Room (MCR), Operation Room dan Anjungan.

MTF Commander menyatakan kekagumannya terhadap kepedulian pengawak kapal dalam menjaga kondisi kapal.

“Kapal ini berumur tiga belas tahun namun terlihat seperti kapal baru,” ujar Rear Admiral Axel Schulz.

Sebelum meninggalkan kapal, diatas geladak heli, Unifil COS menyampaikan apresiasi atas profesionalisme dan semangat juang yang tinggi dari seluruh prajurit KRI SIM-367.

Apresiasi yang diterima KRI SIM-367 dari kedua pejabat vital UNIFIL tersebut merupakan bentuk keberhasilan diplomasi militer TNI Angkatan Laut.

Hal itu sejalan dengan kebijakan strategis Laksamana TNI Yudo Margono Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) untuk selalu menjalin hubungan persahabatan di mana pun berada dan bertugas, sebagai wujud implementasi dari peran universal Angkatan Laut.(tok/iss/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
25o
Kurs