Rabu, 24 April 2024

Dubes Heri Hadiri Seremoni Groundbreaking Gedung KBRI Tokyo, Bakal Lebih Tahan Gempa

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Heri Akhmadi Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang dan Federasi Mikronesia. Foto: KBRI Tokyo

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo menghadiri seremoni peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan gedung baru KBRI Tokyo yang diselenggarakan oleh kontraktor pembangunan Taisei Corporation di kawasan Shinagawa, Tokyo, Jumat (10/12/2021).

Heri Akhmadi Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang dan Federasi Mikronesia bersama-sama Tatsuya Sugawara Executive Officer Taisei Corporation, Kyoichi Nagata Representative Director Kisho Kurokawa Architect and Associates melaksanakan seremoni ini dalam format upacara tradisional Jepang.

“Alhamdulillah, proses demolisi gedung lama telah berjalan lancar dan kini memasuki periode pembangunan. Gedung baru KBRI Tokyo ini nantinya bisa lebih aman dari gempa sesuai aturan di Jepang dan diharapkan bisa mengoptimalkan fungsi perwakilan utamanya dalam pelayanan publik,” ujar Dubes Heri.

Rencananya pembangunan KBRI Tokyo ini meliputi gedung utama 9 lantai untuk aktivitas kantor dan gedung apartemen 4 lantai. Dijadwalkan keseluruhan pembangunan ini dapat selesai pada Oktober 2023.

Pembangunan kembali Gedung KBRI Tokyo dilakukan berdasarkan hasil inspeksi dan rekomendasi dari otoritas terkait di Jepang mengingat sebagian besar bangunan KBRI Tokyo sudah dibangun sejak tahun 1950-an dan rentan atas dampak gempa yang kerap terjadi di Jepang.

Dalam pembangunan ini, KBRI Tokyo menggandeng perusahaan kontraktor Taisei Corporation untuk pembangunan gedung. Sementara untuk desain dan konsultan supervisi dilakukan oleh perusahaan Kisho Kurokawa Architect and Associates.

Sejak April 2021 selama pembangunan berlangsung, KBRI Tokyo menempati kantor sementara di kawasan Yotsuya, Shinjuku, Tokyo.(faz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
28o
Kurs