Jumat, 26 April 2024

Dubes RI Halalbihalal Virtual dengan WNI di Jepang dan Mikronesia

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Lakukan Silaturahmi Virtual Idulfitri dengan WNI Di Jepang dan Mikronesia, Senin (17/5/2021) Foto: Istimewa

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tokyo menggelar halal bihalal Idulfitri 1442 Hijriah secara virtual di tengah pandemi Covid-19, Minggu (16/5/2021).

Heri Akhmadi Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang saat menyapa warga negara Indonesia (WNI) yang tinggal di seluruh prefektur di Jepang meminta kesabaran dari seluruh WNI di tengah masa pandemi Covid-19.

“Saya sampaikan selamat Idulfitri, mohon maaf lahir batin. Ini adalah lebaran kedua dalam kondisi pandemi Covid-19. Saya tahu kita rindu untuk pulang kampung. Tetapi karena kondisi begini kita tahan dulu untuk mudik dan tetap menjaga protokol kesehatan,” ujar Heri dalam keterangan tertulisnya, Senin (17/5/2021).

Heri juga menyampaikan kepada WNI agar tetap menjalin komunikasi dengan KBRI Tokyo jika membutuhkan bantuan apapun. KBRI Tokyo selalu siap membantu WNI yang terinfeksi Covid-19 atau terdampak.

Lebih dari 300 WNI ikut dalam acara virtual Idulfitri ini baik melalui zoom maupun YouTube KBRI Tokyo. Acara itu dikemas santai dan interaktif dari hampir seluruh wilayah di Jepang, di antaranya dari Hokkaido, Nagasaki, Kyoto, Shikoku, Miyagi, dan sebagainya.

Suparman, perwakilan WNI dari Mikronesia juga turut serta dalam acara ini. Kepada Dubes Heri Akhmadi, dia memastikan seluruh WNI dalam kondisi sehat.

“Di sini masih lockdown. Dari tahun kemarin semua WNI di Mikronesia sehat semua”, kata Suparman.

Dalam kesempatan ini Dubes Heri Akhmadi juga menerima perwakilan dari organisasi masyarakat di Wisma Duta Tokyo, salah satunya dari Keluarga Masyarakat Islam Indonesia (KMII).

Selain itu ada dari Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCINU), Pengurus Cabang Istimewa Muhamadiyah (PCIM), Keluarga Masyarakat Hindu Indonesia (KMHI), Keluarga Masyarakat Katolik Indonesia (KMKI), Komunitas Budha di Jepang, Indonesian Community in Japan (ICJ), Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang (PPIJ) dan sebagainya.(faz/frh/den).

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs