Kamis, 28 Maret 2024

Emil Dardak Motivasi Calon Haji yang Gagal Berangkat Lagi Tahun Ini

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Emil Elestianto Dardak pada Pengukuhan Wakil Gubernur Jawa Timur Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Bondowoso, Sabtu (5/6/2021). Foto: Istimewa

Emil Elestianto Dardak Wakil Gubernur Jawa Timur meminta kepada seluruh anggota Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) di Jatim agar terus memberikan dukungan dan motivasi kepada pada calon jamaah haji yang gagal berangkat tahun ini.

“Kepada keluarga besar IPHI, kalau kenal nama calon haji nya mohon diberi motivasi. Mereka sudah menjadi keluarga kita, walau masih status calon haji, mereka sudah menjadi bagian dari kami,” kata Emil Dardak pada Pengukuhan IPHI Kabupaten Bondowoso, Sabtu (5/6/2021).

Emil yang juga Ketua IPHI Jawa Timur, turut bersimpati mengenai para calon jamaah haji yang gagal untuk berangkat dimana seharusnya dijadwalkan berangkat sejak tahun lalu.

“Kita turut merasakan bagaimana perasaan para calon jamaah haji, kalau diingat dulu bade tindak haji, ada rasa luar biasa namun dapat bayangkan jika tertunda bukan hanya sekali tapi dua kali,” kata Emil melalui keterangan tertulis.

“Kita doakan semoga yang ingin berangkat agar senantiasa diberikan kesehatan,” imbuhnya.

Emil mengemukakan bahwa kata kunci di IPHI adalah persaudaraan agar dapat menjaga kemabruran haji yang sifatnya sepanjang hayat.

“Kata kuncinya persaudaraan, kita disini untuk bersaudara dan mempererat tali silaturrahmi, berkat dari itu akan ada terciptanya hal baik untuk kita dan tentunya masyarakat,” tegasnya.

Mantan Ketua PCI NU Jepang ini menghormati dan percaya kepada pusat yang dalam hal ini Kementerian Agama terkait peraturan pembatalan pemberangkatan calon haji.

“Kita menghormati dan percaya bahwa pusat mengambil keputusan serta mengambil kebijakan yang paling baik. Kita memahami kesulitan Kementerian Agama, bukan berarti kami mendorong untuk iya di batalkan, kalau bisa ya alhamdulillah,” ujarnya.

Emil pun mengutarakan bahwa IPHI siap menerima dan mewadahi aspirasi terkait kebijakan pembatalan pemberangkatan calon jamaah haji.

“Segala aspirasi yang masuk ke IPHI, dalam kapasitas sebagai IPHI, tentu kita akan teruskan kepada Kemenag, jadi kami menghormati aspirasi para calon jamaah haji dan menghormati posisi Kemenag. Namun hingga saat ini kami dari IPHI belum menerima informasi apa-apa,” tutupnya.(iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs