Kamis, 25 April 2024

Ibadah Haji 2021 Dibatalkan, Antrean Keberangkatan Haji Hingga 31 Tahun

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Ilustrasi. Foto: kemenag.go.id

M. Nurul Huda Plt Kemenag Jatim, mengatakan pihaknya menerima apa pun keputusan pemerintah terkait pengumumkan pembatalan keberangkatan haji, bagi calon jamaah asal Indonesia pada 1442 H atau 2021. “Kami hanya penerima dan pelaksana regulasi,” ujar Huda, Kamis, (3/6/2021).

Keputusan pemerintah itu, kata Huda, telah dipertimbangkan secara detail dengan menghadirkan seluruh komponen yang ada. Penundaan ini berkaitan dengan situasi pandemi virus corona  yang masih mewabah di seluruh negara.

Huda mengarisbawahi bahwa itulah keputusan yang paling terbaik yang diberikan Allah, untuk seluruh jamaah haji baik Indonesia maupun seluruh dunia

“Menjaga kesehatan, menjaga diri, adalah yang terpenting, maka dari itu kami Kanwil Kemenag Jatim menerima dan mengamankan setiap apa yang sudah diputuskan pemerintah Kemenag RI,” tegasnya.

Kata Huda, kalau keputusan yang berada di bawah banyak mudharatnya dibandingkan dengan pusat, maka pihaknya mengikuti seluruh keputusan yang ada di pusat. Upaya selanjutnya kepada CJH, Ia akan melakukan koordinasi dengan Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) di seluruh Jatim.

Pembatalan pemberangkatan jemaah haji Indonesia tahun 2021 pastinya memperpanjang periode antrean seluruh masyarakat yang sudah mendaftar haji. Huda mengungkapkan dari data yang ada sampai detik ini waiting list di Jawa Timur mencapai 1,5 juta orang, kemudian daftar haji mencapai 22 ribu setiap tahun. “Karena meningkatnya pendaftar haji membuat daftar tunggu keberangkatan dari Jawa Timur mencapai 31 tahun,” kata Huda.(man/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
28o
Kurs