Kamis, 25 April 2024

Festival Sastra Sidoarjo Dekatkan Masyarakat pada Dunia Digital

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Ilustrasi, siswa sedang memilih buku di perpustakaan. Foto: Antara

Gelaran Festival Sastra Sidoarjo (FSS) 2021 hadir selain untuk memberikan ruang kreativitas pecinta sastra, juga mengajak masyarakat mendekati dunia digital di masa pandemi Covid-19 ini.

Ribut Wijoto Ketua Pelaksana Festival Sastra Sidoarjo 2021 menyampaikan, di masa pandemi saat ini ruang-ruang ekspresi kesenian banyak yang terpaksa harus mandeg. Padahal masyarakat tetap butuh ruang-ruang untuk ekspresi dalam konteks berkesenian.

“Dunia digital saat ini jadi satu diantara pilihan ekspresi dan aktivitas masyarakat. Termasuk untuk berkesenian. Karena itu FSS 2021 kali ini juga bertujuan mengajak masyarakat luas mendekati dunia digital. Dunia digital itu juga membuka wacana baru,” terang Ribut Wijoto, Kamis (4/3/2021).

Festival Sastra Sidoarjo 2021, lanjut Ribut mengakomodasi kecintaan masyarakat terhadap puisi, cerpen sebagai satu di antara pengungkapan suara hati manusia, pengungkapan gagasan, paparan pemikiran pada realitas dan citra estetik.

Festival Sastra Sidoarjo (FSS) 2021 dijadwalkan digelar sampai 31 Maret 2021 dengan berbagai kegiatan. Kepada masyarakat yang ingin berpartisipasi, panitia memberikan kesempatan memanfaatkan media digital guna mengirimkan karya-karyanya. Mulai dari karya puisi hingga cerpen, boleh dikirimkan pada panitia.

“Masyarakat boleh merekam aksinya. Boleh baca puisi, baca cerpen, dan direkam. Kemudian dikirimkan ke panitia. Nantinya karya yang dikirimkan ke panitia akan diputar dengan template yang dibuat Festival Sastra Sidoarjo, ” kata Ribut.

Festival Sastra Sidoarjo sebagai media silaturahmi yang diharapkan mampu mendekatkan para sastrawan, pecinta seni dan masyarakat luas. (tok/dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs