Sabtu, 20 April 2024

Forkas Imbau Pelaku Usaha di Jatim Segera Sampaikan SPT Tahunan

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Para wajib pajak mengalami permasalahan saat melakukan pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan secara online dengan fitur e-Filing. Foto: Denza suarasurabaya.net

Forum Komunikasi Asosiasi Pengusaha (Forkas) Jawa Timur mengimbau para pelaku usaha segera menyampaikan SPT Tahunan sebelum 31 Maret 2021, khususnya untuk laporkan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi.

Eddy Widjanarko Ketua Umum Forkas Jatim di Surabaya, Minggu (14/3/2021) mengatakan imbauan itu berdasarkan peraturan perundangan perpajakan, yakni batas akhir penyampaian SPT Tahunan PPh tanggal 31 Maret 2021 untuk Wajib Pajak Orang Pribadi/individu dan tanggal 30 April 2021 untuk Wajib Pajak Badan.

Eddy, usai audiensi dengan jajaran Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Jawa Timur I mengatakan, penerimaan pajak sangat penting untuk mengoptimalkan penerimaan negara dari sektor pajak.

“Oleh karena itu, kami berkomitmen untuk melaporkan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi secara tepat waktu sebelum 31 Maret 2021, dan mengimbau kepada perusahaan-perusahaan dari 45 asosiasi yang tergabung Forkas Jatim untuk berbuat yang sama,” ujarnya seperti yang dilansir Antara.

Sementara itu, Poltak Maruli John Liberty Hutagaol Kepala Kanwil DJP Jatim I, mengapresiasi langkah Forkas Jatim yang mendukung upaya meningkatkan penerimaan pajak dari para pelaku usaha di Jatim.

Dia menilai himbauan Forkas kepada para pelaku usaha untuk melaporkan SPT Tahunan secara tepat waktu sangat positif, karena hal tersebut memang perlu untuk terus disosialisasikan.

Pelaporan SPT bisa dilakukan secara daring atau e-filling melalui www.djponline.pajak.go.id dengan memilih menu Login di pojok kanan laman tersebut.

Eddy mengatakan, Kanwil DJP Jatim I memiliki program edukasi dan layanan kepada wajib pajak guna meningkatkan pemahaman serta kepuasan layanan terhadap wajib pajak, dimana program tersebut akan dikerjasamakan dengan Forkas Jatim untuk ditujukan kepada perusahaan yang terhimpun di asosiasi.

“Kami dan seluruh anggota asosiasi menyatakan taat pajak dan lapor SPT tepat waktu, karena negara membutuhkan penerimaan pajak untuk membiayai pembangunan,” katanya.

Sementara itu, berdasarkan di Ditjen Pajak hingga 8 Maret 2021 jumlah SPT yang masuk mencapai 5.152.006, dimana 96 persenya disampaikan melalui e-filling.(ant/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
29o
Kurs