Rabu, 1 Mei 2024

Forkopimda Sidoarjo Perketat Pengamanan Gereja Menjelang Paskah

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Muhdlor saat meninjau kesiapan pengamanan Gereja di Jalan Monginsidi Sidoarjo, Selasa (30/3/2021). Foto: Humas Pemkab Sidoarjo

Ahmad Muhdlor (Gus Muhdlor) Bupati Sidoarjo berkoordinasi dengan TNI/Polri memperketat pengamanan perayaan hari Paskah yang akan berlangsung Kamis (1/4/2021) sampai Minggu (4/4/2021).

Pengamanan ekstra ketat di puluhan gereja di Sidoarjo itu untuk mengantisipasi terulangnya kejadian bom Gereja Katedral di kota Makassar beberapa waktu yang lalu.

Gus Muhdlor juga minta semua elemen masyarakat bersatu melawan dan mengecam serangan teror.

“Seluruh Gereja di Sidoarjo harus dijaga ekstra ketat jangan sampai kecolongan,” ujarnya.

Dia sampaikan itu ketika mengecek kesiapan pengamanan di Gereja Katolik Santa Maria Annuntiata Jalan Monginsidi Sidoarjo, bersama Forkopimda, Selasa (30/3/2021).

Muhdlor ingin umat kristiani di Sidoarjo bisa menjalankan ibadah Paskah dengan tenang.

“Kepada umat kristiani yang akan menjalankan ibadah perayaan hari Paskah jangan takut, kami (pemerintah) hadir bersama jajaran forkopimda menjaga keamanan dan ketertiban selama perayaan paskah. Kami ingin saudara kita umat kristiani bisa menjalankan ibadah dengan tenang”, katanya kepada pengurus Gereja Katolik Santa Maria Annuntiata.

Kombes Pol Sumardji Kapolresta Sidoarjo bilang, saat ini Polri Bersama TNI sudah melakukan persiapan pengamanan. Mereka juga melibatkan ormas NU dan Muhammadiyah.

“Untuk menjamin rasa aman serta nyaman masyarakat di Hari Suci Paskah kami juga akan melibatkan TNI, Satpol PP, Banser dan ormas lainnya,” katanya.

Aparat keamanan, kata dia, akan melakukan sterilisasi gereja-gereja. Polisi akan melibatkan Tim Jihandak Brimob Polda Jatim.

Forkopimda Sidoarjo menurutnya juga sudah berkordinasi dengan pengurus gereja berkaitan penyekatan di ruas jalan raya akses menuju lokasi gereja.

“Hanya jemaat gereja saat Hari Suci Paskah nanti yang akan dibolehkan lewat, sementara yang tidak berkepentingan ke gereja akan kami alihkan,” ujarnya.(den/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
29o
Kurs