Sabtu, 20 April 2024

Satgas Covid-19 dan Pemda Perlu Antisipasi Lonjakan Mobilitas Masyarakat pada Libur Paskah

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Wiku Adisasmito Koordinator Tim Pakar Satgas Penanganan Covid-19. Foto: biro pers setpres

Satgas Penanganan Covid-19 mengingatkan masyarakat mengisi waktu liburan Hari Raya Paskah 2021 dengan bijak, dan tetap disiplin protokol kesehatan. Hal itu penting supaya masyarakat terhindar dari risiko tertular Virus Corona penyebab Covid-19.

Wiku Adisasmito Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 mengimbau Satgas Covid-19 daerah dan pemerintah daerah segera melakukan antisipasi kerumunan massa di tempat-tempat wisata pada waktu liburan.

“Langkah antisipatif untuk mencegah terjadinya kerumunan, mobilitas terkait perayaan hari raya tersebut, terutama kerumunan di destinasi liburan,” ujarnya di Graha BNPB, Jakarta, Kamis (25/3/2021).

Walau upaya penanganan wabah penyakit menular di Tanah Air diklaim sudah ada di jalur yang benar, Profesor Wiku menegaskan pandemi Covid-19 di Indonesia belum selesai.

Seperti diketahui, Hari Raya Paskah tahun ini diperingati tanggal 4 April 2021, bertepatan dengan akhir pekan.

Berdasarkan pengalaman sebelumnya, hari libur nasional menjelang akhir pekan selalu berdampak pada peningkatan aktivitas dan mobilitas masyarakat secara signifikan.

Sementara itu, merujuk data Satgas Penanganan Covid-19, selama pandemi tahun 2020, penambahan kasus positif meningkat tajam sesudah libur panjang.(rid/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
28o
Kurs