Sabtu, 27 April 2024

Fraksi PKS DPR RI Dukung Pengusutan Kasus Pemukulan Wartawan di Surabaya

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jazuli Juwaini Ketua Fraksi PKS. Foto: Istimewa

Jazuli Juwaini Ketua Fraksi PKS mengecam keras pemukulan dan intimidasi yang dialami Nurhadi Wartawan Tempo waktu melakukan tugas jurnalistik di Surabaya, Sabtu (27/3/2021).

Menurut Jazuli, di era demokrasi dan kebebasan pers yang dilindungi undang-undang, seharusnya tidak ada pihak-pihak yang mengintimidasi wartawan.

“Intimidasi kepada wartawan ini gaya lama yang semestinya diakhiri dengan hadirnya reformasi dan demokrasi yang semakin baik. Ancaman terhadap wartawan dan pers yang bebas adalah ancaman terhadap demokrasi itu sendiri,” ujarnya di Jakarta, Minggu (28/3/2021).

Pers, lanjut Jazuli, pilar demokrasi yang dijamin kebebasannya karena tugasnya menyajikan informasi sekaligus kontrol dalam pelaksanaam reformasi dan demokrasi.

“Tentu dalam praktiknya pers harus menyajikan informasi yang bisa dipertanggungjawabkan,” tegasnya.

Maka dari itu, Fraksi PKS mendukung sikap tegas insan pers, masyarakat sipil, dan Komnas HAM yang mengecam keras pemukulan dan intimidasi yang dialami Nurhadi sebagai pelanggaran serius.

Fraksi PKS juga mendukung penuh kasus itu diproses dan diusut tuntas baik melalui jalur hukum mau pun melalui saluran-saluran konstitusional lain yang tersedia.

“Kasus itu harus menjadi pelajaran bersama agar tidak terulang lagi. Mahal harga yang dibayar bangsa ini untuk melahirkan pers yang bebas melalui reformasi dan demokrasi yang semakin terlembaga. Jangan dirusak dengan tindakan yang membuat kita mundur ke belakang,” pungkasnya.(rid/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
28o
Kurs