Sabtu, 13 Agustus 2022

Gandeng VLU Vietnam Tapaki Perguruan Tinggi Kelas Dunia

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Penandatanganan MoU dengan VLU Vietnam secara virtual. Foto: humas ITS

ITS menggandeng Van Lang University (VLU) Vietnam yang diinisiasikan melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) secara daring, Rabu (3/2/2021), sebagai bagian dari melangkah menjadi perguruan tinggi kelas dunia. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) gencar jalin kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi mancanegara.

Kerja sama antar dua perguruan tinggi ini berawal dari satu diantara dosen VLU, Ms Nguyen Hoang Mai yang menjadi partisipan dalam program CommTECH gelaran Direktorat Hubungan Internasional atau International Office (IO) ITS (sekarang bernama Direktorat Kemitraan Global) pada tahun 2018 yang lalu.

Relasi antar keduanya kembali berlanjut ketika delegasi VLU tersebut kembali ke ITS dalam kegiatan Guest Lecturer Series di Departemen Manajemen Bisnis ITS, akhir tahun 2020 lalu. Sebagai salah satu bentuk kerja sama yang berkelanjutan, ITS kemudian turut mengirimkan delegasi untuk menjadi pengajar secara virtual di VLU. Puncaknya, kedua perguruan tinggi ini memutuskan untuk melakukan kerja sama dalam bidang akademik yang disahkan melalui nota kesepahaman. “Melihat beberapa kegiatan yang sudah berjalan, kedua universitas berkomitmen untuk memperkuat kolaborasi,” papar Bambang Pramujati ST MSc Eng PhD., Wakil Rektor IV Bidang Riset, Inovasi, Kerja Sama, dan Kealumnian ITS.

Selain Wakil Rektor IV ITS, penandatanganan MoU ini dihadiri pula secara virtual oleh Dekan Fakultas Kreatif dan Bisnis Digital ITS Imam Baihaqi ST MSc PhD dan Kepala Departemen Manajemen Bisnis Dr Syarifa Hanoum ST MT. Dari pihak VLU, turut hadir Rektor VLU Prof Tran Thi My Dieu PhD, Wakil Rektor VLU Dr Vo Van Tuan PhD, Kepala Departemen International Cooperation and Scientific Research Dr Ngo Minh Hung dan juga beberapa dosen lain dari Fakultas Relasi Publik dan Komunikasi Media VLU.

Beberapa bentuk kerja sama yang akan dapat terjalin dengan adanya MoU ialah program exchange baik untuk mahasiswa maupun dosen, joint research program dan juga joint supervision. “Mengingat kondisi sekarang yang masih berada dalam masa pandemi, kita akan berfokus dulu pada virtual exchange dan program jarak jauh lainnya,” terang Bambang.

ITS juga membuka kesempatan untuk menjalankan program Joint Degree, di mana mahasiswa VLU dapat mengambil separuh perkuliahannya di ITS untuk mendapatkan gelar. Program ini juga berlaku bagi mahasiswa ITS yang ingin menjalankan program Joint Degree di VLU.

Senada dengan Bambang, Imam Baihaqi ST MSc PhD., Dekan Fakultas Kreatif dan Bisnis Digital ITS juga menyampaikan bahwa MoU ini nantinya tidak hanya menyasar pada Departemen Manajemen Bisnis. “Tidak menutup kemungkinan untuk dilakukan kerja sama dengan departemen-departemen lain di ITS maupun VLU,” pungkas Imam Baihaqi.(tok/lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Langir Sore di Grand Pakuwon

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Surabaya
Sabtu, 13 Agustus 2022
24o
Kurs