Jumat, 19 Agustus 2022

Gencarkan Serbuan Vaksin, Nelayan di Surabaya Disanggong dan Jalani Vaksinasi di Atas Perahu

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Mendukung percepatan vaksinasi, Tim AAL melakukan vaksinasi di atas perahu nelayan, Senin (23/8/2021) Foto : Istimewa

Sukaeri (68), seorang nelayan warga Kalianak Morokrembangan, Surabaya, akhirnya mendapatkan vaksin Covid-19 dosis pertama. Sukaeri mendapatkan vaksin dosis pertama setelah disanggong Tim Vaksinator dari Subditkes dan Rumkital drg. Nainggolan AAL. Vaksinasi pun dilakukan di atas perahu Sukaeri.

Pria yang telah menekuni profesi nelayan selama 40 tahun ini, menjalani vaksinasi di tengah aktivitasnya mencari ikan dan kepiting bakau di sekitar pantai Halong Morokrembangan Akademi Angkatan Laut (AAL).

Sukaeri mendapatkan vaksin dosis pertama setelah disanggong Tim Vaksinator dari Subditkes dan Rumkital drg. Nainggolan AAL. Vaksinasi pun dilakukan di atas perahu Sukaeri.

Sukaeri mengaku belum mendapatkan vaksin sebelumnya karena sibuk melaut dan tak mengetahui informasi tentang kegiatan vaksinasi. Dia pun bersedia divaksin dosis pertama oleh Tim AAL. Sukaeri mengucapkan terima kasih kepada TNI AL khususnya AAL, yang telah memberikan vaksin dosis pertama kepadanya.

“Terimakasih TNI AL, khususnya AAL, yang telah peduli, sampai nyanggong saya untuk divaksin saat bekerja mencari nafkah. Dan terimakasih juga telah memberikan masker dan sepatu bot,” terang Sukaeri, (23/8/2021).

TNI AL saat ini memang sedang menggencarkan serbuan vaksinasi kepada masyarakat maritim. Kali ini Akademi TNI Angkatan Laut (AAL) menyanggong masyarakat nelayan yang tengah mencari ikan dan kepiting bakau yang berada di pantai sekitar Kampus AAL Bumimoro, Morokrembangan, Surabaya.

Mayjen TNI (Mar) Nur Alamsyah Gubernur AAL, mengatakan, serbuan vaksinasi tersebut dilaksanakan dalam rangka mempercepat vaksinasi Covid-19 sesuai program pemerintah dan juga melaksanakan instruksi Laksamana Yudo Margono Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) dalam upaya menciptakan mempercepat terbentuknya Herd Immunity (kekebalan kelompok).

“Selain melaksanakan vaksinasi terjadwal di tempat yang telah ditentukan seperti gedung atau lapangan, juga kita jemput bola dengan mendatangi langsung nelayan ke rumah atau ke tempat pekerjaannya,” ujarnya dalam keterangan tertulis Selasa (24/8/2021).

Pihaknya, kata dia, mengadakan vaksinasi jemput bola kepada masyarakat nelayan yang baru pulang mencari ikan, atau sedang melaksanakan pekerjaan mencari ikan. Ada beberapa nelayan yang belum pernah divaksin karena kesibukannya mencari nafkah, sehingga pihaknya berinisiatif melakukan vaksinasi di atas perahu nelayan.

Gubernur AAL lantas mengimbau kepada nelayan yang belum divaksin agar segera menyempatkan diri untuk melaksanakan vaksinasi. TNI AL dalam hal ini AAL akan menurunkan Tim Vaksinasi dari Subditkes, Ditpers AAL dan Rumkital drg. Nainggolan AAL untuk membantu masyarakat nelayan di Surabaya dan sekitarnya untuk mendapatkan vaksinasi. (man/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Surabaya
Jumat, 19 Agustus 2022
30o
Kurs