Minggu, 14 Agustus 2022

Gerakan Dapur Umum Surabaya Sehari Layani 2.900 Paket Makanan untuk Orang Isoman

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Tangkapan layar kegiatan gerakan Dapur Umum Surabaya. Foto: Instagram

Gerakan “Dapur Umum Surabaya” membagikan 2.900 paket makanan untuk orang yang sedang isolasi mandiri di Kota Surabaya pada Senin (19/7/2021).

Rex Jeremia Winarno, pendiri gerakan ini mengatakan, setiap hari jumlah orang yang mengajukan permintaan permakanan semakin banyak. Dalam sehari pihaknya bisa menerima 4.000 pesan teks dari masyarakat.

“Kami masak jam empat subuh, jam sembilan pagi sudah harus ready untuk didistribusikan ke hampir seluruh wilayah Surabaya. Setiap hari sekitar 3.000 paket. Tadi pagi kami menyiapkan 2.900 paket,” ujarnya kepada Radio Suara Surabaya, Senin.

Contoh paket makanan yang setiap harinya dikirim terdiri yaitu nasi putih, ayam goreng, telur, buah jeruk, dan suplemen. Dapur Umum Surabaya juga menyediakan fogging disinfektan gratis untuk warga yang membutuhkan.

Rex menjelaskan, gerakan Dapur Umum Surabaya lahir tiga tahun lalu. Pemicunya ketika Rex dan istrinya membeli makanan di daerah Surabaya timur. “Saat saya beli makan, saya lihat ada nenek yang sedang menyapu. Sepertinya nenek itu lapar. Saat kami beri makanan, nenek itu menangis. Dari sana kami tersentuh dan memulai gerakan ini,” ujarnya.

Sebelum pandemi, Dapur Umum Surabaya tidak membuka layanan pesan teks, Rex dan relawan turun ke jalan “menjemput bola”. Saat pandemi, warga yang membutuhkan bantuan makan dan fogging disinfektan bisa mendaftar lewat nomor telepon yang tersedia di Instagram Dapur Umum Surabaya. “Kami bagi per wilayah untuk memudahkan pengiriman oleh kurir. Kalau ispoman serumah ada 5 orang, kami beri 10 paket, untuk dua kali makan,” kata Rex.

Di masa pandemi ini, gerakan Dapur Umum Surabaya bisa membuka lapangan pekerjaan bagi puluhan korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang terdiri dari 60 kurir dan 15 sukarelawan. Bahkan, kini gerakan yang dimulai Rex dan istrinya ini telah menyebar sampai ke Malang, Makassar, Gresik, dan Ambon.

Rex menceritakan, salah satu warga yang mendapat bantuan permakanan adalah anak usia 10 tahun yang sudah tidak punya orang tua karena Covid-19. “Ada yang hari ini kami kirim, besok keluarga bilang sudah tidak usah mengirim karena ayahnya sudah tidak ada. Apa yang kami beri hari ini, bisa saja itu makanan terakhir mereka. Ini yang membuat kami terus semangat,” ujarnya.

Sepengetahuannya, ada dua hal yang dibutuhkan orang yang terpapar Covid. Pertama, mereka butuh tempat tinggal (isolasi). Sebab Rex masih menemukan warga yang menjauhi mereka sehingga tanpa sadar menghancurkan mental mereka. Kedua, sembako. Di masa yang sulit ini, mereka kesulitan ekonomi.

Rex yakin masih banyak orang yang peduli dan memiliki kasih untuk Indonesia. “Pemerintah juga sudah bekerja keras. Setidaknya kita bisa membantu dan menjadi berkat bagi banyak orang. Yuk kita miliki rasa kasih untuk mereka karena yang diperlukan bangsa ini adalah kasih. Kita semua bisa kena virus ini, yuk kita bergandengan tangan jadi berkat bagi bangsa ini sehingga Indonesia bisa bangkit” kata Rex.

Dapur Umum Surabaya menerima donasi bahan makanan. Bisa dikirim ke Perumahan Dian Istana Blok G8 Nomor 8, Surabaya.(iss/rst)

Bagikan
Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Langir Sore di Grand Pakuwon

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Surabaya
Minggu, 14 Agustus 2022
24o
Kurs